Wow! Kue Cokelat Bernuansa HUT RI dan Karakter Pahlawan Produk Warga Klaten Ini Tembus Luar Provinsi

Produk kue Coklat berkarakter HUT RI buatan Restuningsih warga Karangdowo Klaten, Jumat (12/8/2022). Foto: Foto: instagram @pawonatish

Klaten (Sigijateng.id) – Meski memiliki usaha dengan pemasaran berbasis Online justru membuat Maria Restuningsih (31) warga Desa Karangwungu, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten ini bisa mengumpulkan pundi-pundi rupiah.

Melalui usaha pembuatan kue coklat, ternyata mampu menghidupinya sehari-hari. Siapa sangka, pemasarannya sudah tembus berbagai daerah seperti Cirebon, Jakarta, Balikpapan, Pekalongan, Samarinda, Sidoarjo dan Surabaya.

Ibu rumah tangga yang baru 3 tahun menggeluti usaha produk cokelat ini ternyata juga pandai memanfaatkan momen. Salah satunya pada momen saat ini, dia memiliki cara unik menggelorakan nasionalisme di kalangan anak-anak.

Produk kue Coklat berkarakter HUT RI buatan Restuningsih warga Karangdowo Klaten, Jumat (12/8/2022). Foto: Foto: instagram @pawonatish

Dalam rangka menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI, dia membuat produk cokelat bernuansa kemerdekaan. Bahkan karakter nasionalisme seperti tulisan 17 Agustus, tulisan tahun 145, pahlawan, love RI dan lain sebagainya.

“Ya ini untuk menumbuhkan rasa nasionalisme anak-anak yang sekarang pada mulai berkurang. Saya produksi mulai akhir bulan Juli,” beber Restu pemilik Pawon Atish saat hubungi sigijateng.id, melalui telepon selularnya, Jumat (12/8/2022).

Restu mengaku memproduksi cemilan coklat dan lolipop cokelat sudah tiga tahun terakhir. Usaha ini berawal karena anaknya yang penyuka coklat.

“Awalnya dulu anak saya kan penyuka coklat terus saya buat sendiri dan ternyata laku dijual. Biasanya hanya karakter-karakter kartun atau event ulang tahun dan hari raya,” paparnya.

Produk kue Coklat berkarakter HUT RI buatan Restuningsih warga Karangdowo Klaten, Jumat (12/8/2022). Foto: Foto: instagram @pawonatish

Untuk karakter HUT Kemerdekaan itu, lanjut Restu, akan tetap dipertahankan untuk diproduksi setiap tahunnya. “Kalau karakter HUT RI ini mau saya pakai terus, sebab setiap tahun pasti merayakan HUT RI. Yang paling laku di kalangan anak-anak,” sambungnya.

Restu mengungkapkan jika belum lama ini baru saja selesai mengikuti pameran UMKM di GOR Klaten. Berkat kegigihannya, ternyata usaha produk barunya tersebut diminati banyak orang. Untuk harga cemilan cokelat model lolipop Rp 6 ribu per biji, dibilang laris manis diserbu warga.

“Saat di stand UMKM di GOR tersebut sudah 300 biji. Harganya juga terjangkau karena untuk cemilan coklat model lolipop Rp 6 ribu per biji, yang toplesan Rp 30 ribu dan untuk kiloan Rp 180 ribu,” kata Restu.

Dirinya berharap, usahanya bisa tembus di toko-toko modern seperti supermarket dan sebagainya. “Makanya ini saya masih mengurus proses sertifikasinya agar nantinya bisa masuk ke toko modern, dan tembus ke berbagai luar daerah lainnya,” tandasnya. (Red)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here