Word Of Mouth Marketing: Strategi Marketing Ampuh Dengan Modal 0 Rupiah

Ilustrasi digital marketing (foto unsplash)

SIGIJATENG.ID – Word of mouth marketing merupakan salah satu bentuk promosi yang dilakukan oleh orang lain untuk memberi tahu tentang brand/produk kita. Singkatnya, word of mouth adalah tindakan sederhana untuk berbagi informasi dengan orang yang telah dikenal.

Umumnya, hal yang satu ini dijadikan strategi pemasaran dengan cara merekomendasikan suatu produk kepada orang-orang di kelompoknya. Sederhananya, saat seorang konsumen sangat menyukai suatu produk, mereka akan selalu membicarakan tentang produk tersebut setiap hari.

Tentunya, secara tidak langsung konsumen tersebut akan terus memberikan pujian pada produk yang digunakannya. Bahkan, ia juga akan merekomendasikan orang terdekatnya untuk ikut menggunakan produk tersebut.

Pada dasarnya, word of mouth adalah strategi pemasaran gratis bagi suatu brand yang dilakukan oleh pelanggan setianya. Selain itu, word of mouth marketing juga dapat didorong oleh beberapa faktor. Misalnya, saat perusahaan melakukan publisitas di beberapa media.

Kalau dalam pedoman digital marketing trifecta, word of mouth ini termasuk ke ‘earned media’ atau media yang didapatkan dari orang lain, bukan dibuat sendiri oleh brand/perusahaan.

Ada banyak contoh word of mouth marketing yang mungkin sering anda temukan, misalnya mention atau tagged post di media sosial, review/rating produk, user generated content, testimoni dan rekomendasi produk.

Kedengarannya mungkin simple, tapi percaya atau tidak, strategi ini efektif sekali. Bisa dilihat dari hasil survey dari R.R. Donnelly ini kalau kebanyakan orang itu tertarik untuk mengecek produk lain setelah dengar dari orang lain juga.

Kenapa bisa efektif, karena review bagus dari orang bisa meningkatkan kepercayaan calon konsumen. Kalau anda mau belanja di e-commerce, pasti mencari toko yang punya banyak review kan? Kalau masih sedikit pasti langsung ada keraguan. Kedua, rekomendasi dari pengguna sosial media, bahkan yang sekadar menyebutkan nama mereknya saja itu sudah punya impact yang besar sekali. Itu karena komentar-komentar di sosial media bisa dibilang sebagai review jujur orang-orang.

Lalu bagaimana strategi untuk tingkatkan word of mouth ?

  1. Buat kampanye yang dapat menyentuh sisi emosional

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan strategi word of mouth adalah dengan membuat kampanye yang emosional.

Menurut para enterpreneur, brand akan lebih mudah dikenali jika berhasil membuat kampanye yang bisa terhubung dengan sisi emosional seseorang.

Saat brand mampu membuat hubungan yang emosional dengan pelanggan, tentunya produk mereka akan selalu diperbincangkan.

Seperti yang dijelaskan di atas, word of mouth akan berhasil jika pelanggan bisa memiliki kepercayaan yang tinggi kepada produk.

  1. Gunakan jasa influencer

Berkembangnya media sosial membuat influencer marketing juga ikut semakin populer.

Kamu bisa memanfaatkan hal yang satu ini untuk mengembangkan strategi word of mouth marketing untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Menggunakan jasa seorang influencer tentunya juga bisa membantu proses branding karena ia telah memiliki banyak followers.

Namun, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu sebelum mulai menggunakan jasa seorang influencer.

Pastikan influencer tersebut punya riwayat yang baik dan pastinya followers yang dimilikinya sesuai dengan target pelanggan dari brand.

  1. Buat acara yang melibatkan komunitas

Strategi untuk meningkatkan word of mouth marketing yang selanjutnya adalah dengan selalu membuat sebuah acara yang melibatkan komunitas.

Dengan membuat acara yang melibatkan pelanggan, tentunya mereka akan merasa dihargai oleh brand yang disukainya.

Acara seperti ini juga mampu meningkatkan hubungan baik antara brand dengan pelanggan. Pasalnya, kedua belah pihak bisa melakukan komunikasi secara langsung.

  1. Selalu minta feedback dari pelanggan

Salah satu cara untuk terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan adalah dengan meminta feedback dari mereka.

Supaya pelanggan bisa terus membicarakan produk dari brand, tentu saja perusahaan harus selalu menciptakan produk terbaiknya.

Jika kualitas dari produk menurun, tentu pelanggan akan merasa kurang puas. Bahkan, akhirnya tidak lagi mau memberikan rekomendasi produk kepada orang lain.

Oleh karena itu, selalu mintalah feedback kepada mereka. Hal itu bertujuan agar perusahaan bisa mengerti apa sebenarnya produk yang diinginkan oleh pelanggan.

  1. Fokus menjaga hubungan baik dengan pelanggan

Cara terakhir untuk meningkatkan word of mouth marketing adalah dengan selalu menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

Meskipun terdengar sederhana, hal yang satu ini sangat perlu dilakukan oleh setiap brand jika ingin memiliki customer loyalty. Hubungan yang dekat antara brand dengan pelanggan akan membuat mereka lebih mudah untuk merekomendasikannya kepada orang lain.

Memperkuat hubungan dengan pelanggan bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya menyediakan layanan pelanggan selama 24 jam.

Jadi, setelah mengetahui lebih dalam tentang strategi pemasaran yang satu ini, apakah anda tertarik untuk mengaplikasikannya pada brand anda? (akhida)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini