Warga Bonagung Sragen Bahagia, Jembatan Sepan Putus 11 Tahun Kini Sudah Jadi

Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin saat meresmikan Jemabatn Sepan Bonagung Tanon Sragen, Kamis (27/1/2022). ( foto humas pemprov jateng)

SRAGEN (sigijateng.id) – Warga Desa Bonagung Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen, khususnya warga Dukuh Sedadi dan Dukuh Pancuran Bahagia. Pasalnya, jembatan Sepan yang sudah putus 11 tahun lalu, kini sudah berdiri kokoh dan siap dilintasi lagi.

Jembatan itu adalah sarana penghubungan penghubung antara Dukuh Sedadi dan Dukuh Pancuran. Dan jembatan tersebut diresmikan oleh Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin, Kamis (27/1/2022).

Atmodiharjo Sarimin, warga Pancuran, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang telah membangun kembali jembatan itu. Dia mengungkapkan, sejak jembatan putus, warga kesulitan akses.

“Sejak jembatan putus, warga harus memutar untuk menuju balai desa ataupun ke fasilitas-fasilitas umum lain yang letaknya di Dukuh Sedadi,” kata Sarimin Kamis (27/1/2022).

Menurut Sarimin. Jembatan Sepan terputus karena diterjang arus yang deras pada 2010 lalu. Dan setelah lama menunggu, akhirnya dibangun dan kini sudah jadi.

Pembuatan jembatan Sepan ini dibangun dengan dana program 1 OPD 1. Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, saat peresmian meminta agar masyarakat untuk menjaga jembatan dan sungai secara baik-baik.

“Jembatan ini agar dijaga. Dan pesan saya, agar masyarakat tidak membuang sampah di sungai,” kata Taj Yasin.

Menurut Gus Yasin, sapaan Wagub, membuang sampah di sungai akan mengakibatkan banjir dan bencana lainnya. Ketika bencana terjadi lagi, maka berdampak pada kehidupan masyarakat, dan mereka perlu memulai menata kehidupan lagi.

“Saya titip, karena di bawah jembatan ini ada lubang saluran air, sampahnya jangan dibuang sembarangan. Itu yang biasanya menyebabkan kerusakan-kerusakan fatal. Bukan hanya kerusakan pada jembatan saja, tetapi juga berdampak pada persoalan lain,” katanya menegaskan.

Sebagai informasi, Jembatan Sepan diperbaiki menggunakan Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Prima Duta Kencana dan PT Hefa Sarana. Biaya perbaikan jembatan tersebut menghabiskan dana Rp 204.912.300. (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini