Wakil Presiden Resmikan Gedung Baru dan Lapangan Sepak Bola Berstandar FIFA milik Unwahas,

Wakil Presiden RI, KH. Ma'ruf Amin saat meresmikan gedung baru Fakultas Farmasi, Rumah Sakit, dan Sport Centre berupa lapangan sepakbola berstandar FIFA serta Wall Climbing di kampus 2 Unwahas Desa Kandri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang, Kamis (22/9/2022). (Foto. Mushonifin/sigijateng.id)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang menghadirkan Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin untuk meresmikan gedung baru Fakultas Farmasi, Rumah Sakit, dan Sport Centre berupa lapangan sepakbola berstandar FIFA serta Wall Climbing di kampus 2 Unwahas Desa Kandri Kecamatan Gunungpati Kota Semarang.

Pada agenda yang digelar pada Kamis (22/9/2022) itu, Wapres didampingi Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, Wakil Walikota Semarang Herviarita Gunaryati, Ketua BAZNAS sekaligus Ketua Yayasan Wahid Hasyim H. Nur Ahmad, serta Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Letjen Purnawirawan Marciano Norman.

Gedung fakultas farmasi, rumah sakit, dan sport centre unwahas sendiri menempati lahan seluas 25 hektar. Sebelumnya juga telah berdiri Fakultas Kedokteran di sana. Untuk mengoptimalkan fasilitas dan pendidikan, Unwahas juga melakukan penandatanganan kerjasama pengembangan olahraga dengan KONI serta penandatangan bidang pembangunan SDM dan beasiswa bersama BAZNAS.

Dalam sambutannya, Wapres Ma’ruf Amin berharap Universitas Wahid Hasyim terus menunjukkan kemajuan positif serta perluasan pengabdian bagi masyarakat.

“Kami berharap Unwahas terus meningkatkan kualitas, bukan hanya dari sisi bangunan, namun juga kualitas akademik dan pengabdian bagi masyarakat,” harapnya.

Lebih jauh, Wapres menginginkan Unwahas menjadi kawah candradimuka ajaran Ahlussunnah wal Jama’ah dan Islam Rahmatan lil ‘Alamin.

“Selain internasionaisasi jaringan dan pengetahuan. Harapan kita semua, Unwahas mampu menjadi kawah candradimuka ajaran Ahlussunnah wal Jamaah demi tersebarnya Islam Rahmatan Lil ‘alamin,” harapnya lagi.

Unwahas juga diharapkan oleh Wapres harus mampu menjawab tantangan zaman dengan mencetak generasi produktif yang berkarakter pancasila dan berjiwa kepemimpinan.

“Mudah-mudahan, dengan diresmikannya gedung baru beserta fasilitasnya inu, Unwahas semakin mengglobal dan membangun karakter generasi bangsa lebih baik,” tutupnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen dalam sambutannya mengatakan visi Unwahas seragam dengan program pengurangan angka stunting di Jawa Tengah.

“Kami sampaikan di peresmian gedung Farmasi serta peresmian Rumah Sakit dan gedung olahraga. Semua bermuara pada kesehatan, terutama remaja yang menjadi mahasiswa Unwahas,” ujarnya.

“Kami di Pemprov sedang gencar mengkampanyekan gerakan anti stunting. Jika biasanya kita dengar untuk mencegah stunting dimulai dari usia 1000 hari sang bayi. Maka kami di pemprov akan menjalankan program anti stunting dimulai dari calon ibu yang berusia remaja dengan penambahan suplemen penambah darah,” tekannya.

Pria yang akrab disapa Gus Yasin ini juga berharap Unwahas menjadi pionir gerakan anti stunting yang digalangnya.

“Dan Unwahas bisa menjadi salah satu pionirnya,” tutupnya.

Ketua BAZNAS sekaligus Ketua Yayasan Wahid Hasyim, H. Nur Ahmad mengatakan pembangunan fasilitas untuk mendukung pengembangan prestasi dan akademik. Selain itu, pihaknya juga akan berupaya melakukan percepatan kenaikan peringkat.

“Saat ini masih ada di ranking 170 nasional dan 20 besar Jateng, kami akan mengejar ke level 100 besar nasional dan 5 besar Jateng,” ujarnya saat peresmian.

Nur Ahmad juga mencanangkan internasionalisasi kampus dengan memperbanyak kerjasama dengan berbagai pihak.

“Kami mencanangkan internasionalisasi kampus dengan memperbanyak kerjasama internasional dan memperbanyak kapasitas kelas untuk menerima mahasiswa asing,” urainya.

Salah satu syarat untuk menaikkan peringkat dan akreditasi tersebut adalah dengan membangun fasilitas umum yang bisa dirasakan oleh masyarakat luas.

“Kami membangun rumah sakit sebagai perluasan infrastruktur dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat,” tandasnya.

Dalam kegiatan tersebut, BAZNAS juga menyerahkan beasiswa bagi mahasiswa yang ada di Semarang. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here