Wakil Gubernur Jateng Gus Yasin Daftar Calon Anggota DPD RI, Simak Inilah Nama-nama Rivalnya

Ketua KPU Jateng, Paulus Widyantoro saat memberikan pernyataan di kantornya pada Jum'at (30/12/2022). (Foto. Mushonifin/sigijateng.id)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Hanya delapan orang yang lolos pendaftaran calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Jawa Tengah dalam Pemilu 2024. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang mencapai 36 orang. 

Hal disampaikan Ketua KPU Jateng, Paulus Widyantoro pada Jum’at (30/12/2022). Paulus mengatakan ada 13 orang pendaftar, namun hanya 8 yang lolos. 

Dari 8 orang mendaftar sebagai calon DPD Jateng itu ada nama Wakil Gubernur Jawa Tengah, Gus Taj Yasin Maimoen. Paulus mengatakan Gus Yasin mendaftar sebagai calon anggota DPD RI Kamis malam kisaran jam 23.00 WIB. 

“Ada lima orang yang daftar bersamaan jam 23.00 lebih tadi malam termasuk Pak Taj Yasin. Dia daftar last minute atau saat batas akhir penutupan. Empat orang lainnya saya kurang hafal karena pas pendaftaran sibuk mengecek berkas-berkas yang diterima,” kata Paulus yang menjelaskan empat di antara lima orang lainnya tersebut  merupakan incumbent DPD Jateng. 

Namun Paulus menjelaskan untuk lima pendaftar lainnya, berkasnya masih dalam proses penelitian oleh pihaknya. 

“Jadi delapan berkas pendaftar sudah penuhi syarat administrasi yang ditetapkan KPU. Untuk lima berkas lainnya masih dalam proses mengecek kelengkapan syaratnya,” katanya.

Taj Yasin merupakan Wakil Gubernur Jateng. Taj Yasin atau akrab disapa Gus Yasin juga dikenal publik sebagai putra ulama kharismatik dari Ponpes Sarang Rembang, almarhum KH Maimoen Zubair. 

Kendati demikian, Paulus mengatakan saat mendaftar sebagai anggota DPD RI, Gus Yasin diwakilkan tim kecil sebagai utusannya. Menurut Paulus utusan Gus Yasin yang datang ke KPU berjumlah empat orang. 

“Beliaunya emang gak datang dan diwakilkan oleh utusannya saja. Utusannya Pak Yasin yang memasukan berkas pendaftaran DPD kira-kira berjumlah empat orang,” cetusnya. 

Untuk saat ini, pihaknya masih merampungkan proses pengecekan berkas pendaftaran pencalonan DPD RI dengan meneliti syarat administrasi milik lima pendaftar. Berkas pendaftaran milik Gus Yasin sampai siang ini juga masih diteliti oleh tim seleksi KPU Jateng. 

“Jam dua belasan kita targetkan rampung semua. Jadinya bisa dilihat apa-apa saja yang kurang dan nama yang fix mendaftar sebagai calon anggota DPD RI. Berkasnya Pak Yasin juga masih kita teliti dan syarat dukungannya sedang dihitung ulang,” ujar Paulus.

Informasi terkini, inilah nama-nama pendaftar calon anggota DPR RI selain Gus Yasin, yakni Casytha Arriwi Kathmandu, Abdul Kholik (kedunya incumbent), Nor Rohman, Ahmad Baligh Muaidi, Agus Mujayanto,Lamaatus Shobah Dimyati Rois, dan Joko Dalmantyo.

Sementara, Abdul Kholik saat dikonfirmasi mengatakan, dirinya kembali mendaftar sebagai calon anggota DPD RI. Pria asal Cilacap sudah menyerahkan berkas pada tanggal 24 Desember lalu.

“Alhamdulillah berkas lengkap dan diterima. Sampai tanggal 24 Dsember kemarin baru 3 yg lolos. Saya tiga pendaftar pertama yg lengkap. Tang tanggal 29 pas hari terakhir sampai kemarin banyak yang menyerahkan berkas fisik karena Silon terlambat,” katanya. (Mushonifin) 

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini