Vihara Tanah Putih Undang Puluhan Tokoh Islam Buka Bersama Untuk Bangun Kerukunan

Bhikkhu Dhammasubho Mahathera selaku perwakilan Vihara Tanah Putih dan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Tengah KH Taslim Sahlan saat diwawancara, Selasa (5/4/2022). (Foto. Mushonifin/sigijateng.id)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Ada suasana berbeda di Vihara Tanah Putih, Jalan Dr Wahidin, Jombang, Candisari, Semarang, pada Selasa (5/4/2022) sore. Tempat ibadah umat Budha itu menggelar buka puasa bersama.

Sekitar 80 tamu hadir dalam acara itu. Mereka mulai berdatangan sekitar pukul 16.45 wib.

Tamu yang datang dari berbagai penganut agama, mulai dari Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Budha, Konghucu dan penghayat kepercayaan.

Menjelang buka puasa, pihak panitia membuka sesi dialog dengan tamu. Begitu adzan maghrib berkumandang, para tamu pun spontan mengucap “alhamdulilah” dan langsung meminum air mineral yang telah tersedia.

Bhikkhu Dhammasubho Mahathera dan Bhikkhu Cattamano Mahatera selaku Kepala Vihara Tanah Putih Semarang mengatakan bulan Ramadan menjadi ikonnya umat islam dalam beragama. Dan sudah menjadi kebiasaan beberapa orang dan komunitas merayakan buka puasa bersama.

Adapun buka puasa bersama di Vihara ini kata dia, adalah untuk menyatukan jiwa semua kalangan.

“Jiwa itu tidak boleh kosong. Harus diisi. Bagaimana cara mengisi jiwa? Ya kita harus bertemu dan silaturahmi dengan berbagai kalangan,” kata Biku Dhama.

Menurutnya mengisi jiwa ini menjadi visi pertama dan utama umat Budha. Melalui acara ini, dia berharap semua orang bisa memiliki komunikasi sambung rasa. Hal ini penting agar bisa mengenali diri sendiri dan orang lain.

“Banyak orang lain tidak mengenal dirinya sendiri. Dirinya sendiri aja tak dikenali apalagi orang lain,” jelasnya.

Melalui buka puasa bersama ini dia berharap seseorang bisa mengenali diri sendiri dan orang lain. Sebab dalam pertemuan ini ada interaksi satu sama lain.

“Jika sudah mengenali, maka kita percaya akan terbentuk keharmonisan antar umat beragam. Jika harmonis, tentu negara Indonesia aman dan damai,” terang dia.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jawa Tengah KH Taslim Sahlan mengapresiasi acara ini.

“Ini sebuah local wisdom yang menarik, karena Kawan kawan Biku disini menginisiasi bagaimana berelasi secara khusus dengan kaum muslim,” kata Taslim.

Melalui acara ini, kata dia, juga sebagai bentuk merawat kerukunan umat beragama.

“Vihara Tanah Putih Semarang ini menarik karena kami sudah sering berjumpa disini. Kita sering ada acara disini seperti Ngopi Kebangsaan, kemudian dua tahun berturut turut ini buka puasa bersama,” pungkasnya. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini