Upaya Mencegah Covid-19, Tim KKN-MP FISIP UIN Walisongo Gencarkan Program 3M

Tim KKN-MP FISIP UIN Walisongo melakukan program 3 M di Desa Blimbing, Kec. Boja, Kab. Kendal. ( foto tim kkn)

SEMARANG (Sigijateng.id) – Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), berkomitmen untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Pengaplikasian penelitian dan pengabdian kepada masyarakat termanifestasikan kedalam Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Walisongo, tim KKN-MP Pejuang Muda FISIP UIN Walisongo melakukan pengabdian di Desa Blimbing, Kec. Boja, Kab. Kendal.

Hal ini dilakukan guna menuntaskan pengabdian kepada masyarakat, yang sebelumnya peserta tim KKN-MP tersebut telah berkontribusi di Program Magang Kementerian Sosial yakni Pejuang Muda.

Salah satu program kerja yang diinisiasikan oleh tim KKN-MP Pejuang Muda FISIP UIN Walisongo adalah Kegiatan membersihkan masjid dengan tema 3M (Membersihkan, Menyemprotkan, dan Memberikan)”, sebagai upaya untuk mencegah penularan Covid-19. Acara tersebut dilangsungkan pada tanggal 13 April 2022 yang bertempat di Masjid Nurul Afief, Desa Blimbing.

Kegiatan ini melibatkan beberapa pihak yaitu pihak pengurus masjid dan Karang Taruna setempat.

“Kegiatan 3M ini dilaksanakan dengan tujuan membantu pengurus dalam membersihkan lingkungan sekitar masjid dengan harapan dapat menjaga kebersihan dan mengurangi penyebaran virus covid-19,” kata Divisi Kesehatan Muhammad Irfan Aminudin & Eva Mulyati.

Acara dimulai dengan membuat pembagian tugas untuk membersihkan bagian-bagian masjid seperti membersihkan kamar mandi, membersihkan jendela, menyapu, dan mengepel lantai.

Setelah kegiatan membersihkan area masjid selesai, kami melanjutkan kegiatan menyemprotkan seluruh area masjid dengan disinfektan yang bertujuan untuk menghuranagi penyebaran virus covid-19.

Selain melakukan kedua kegiatan tersebut kami juga memberikan beberapa handsanitizer yang diletakan dibeberapa area masjid seperti dan kami juga memberikan handwash di area kamar mandi, tidak lupa untuk mendukung kegiatan menjaga kebersihan ini kami juga memberikan tempat sampah di area masjid.

Pengurus Masjid Nurul Afief, Edi mengatakan kegiatan 3M ini sangat membantu pengurus.

“3M ini membantu kami dalam menjaga kebersihan dan dengan diberikannya handwash dan disinfektan mampu membantu para jamaah yang melakukan ibadah di Masjid tersebut agar terhindar dari penyebaran virus covid-19”,” katanya. (rizal)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here