Upacara HUT RI ke 77 Digelar di Grand Maerakaca, Momentum Kebangkitan Insan Pariwisata Kota Semarang

Suasana upacara kemerdekaan RI ke 77 di Grand Maerakaca Semarang, Rabu (17/8/2022). (Foto. Maerakaca)

Semarang (Sigijateng.id) –  Peran aktif industri pariwisata diharapkan bisa ikut pulih dan cepat bangkit lebih kuat seiring momentum upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77, Rabu 17 Agustus 2022.

Hal itu yang melandasi Pegiat Wisata Kota Semarang saat berkolaborasi dengan Grand Maerakaca pada momen  upacara peringatan 17 Agustus yang dilaksanakan di dermaga miniatur Laut Jawa Anjungan Rembang.

Diikuti oleh insan pariwisata Kota Semarang, upacara berjalan khidmat. Upacara juga terbilang unik karena dimeriahkan dengan kostum parade Semarang Night Carnival (SNC).

“Kami ingin menghadirkan upacara yang unik dan berbeda dengan konsep mengapung di atas air. Kebetulan dermaganya berada di atas miniatur Laut Jawa,” terang Koordinator Pegiat Pariwisata Kota Semarang gus Wahid.

Menurutnya, pihaknya ingin menghadirkan suasana upacara yang berbeda. Apalagi biasanya, upacara 17 Agustus dilakukan dengan cara yang formal dan di lapangan.

Namun dengan menggelar upacara di destinasi wisata serta dikemas dengan cara yang unik, ia optimis cara ini dapat memulihkan dan membangkitkan industri pariwisata dengan lebih cepat.

“Ini salah satu cara kami mendorong pulihnya industri pariwisata agar bangkit dan pulih lebih cepat usai masa pandemi. Kami juga ingin menunjukkan, rekan-rekan pengelola destinasi wisata, sudah benar-benar siap menyambut pengunjung,” ujarnya.

Direktur PT PRPP Titah Listyorini menyambut baik digelarnya upacara ini. Ide segar dan kreatif merupakan bukti bahwa insan pariwisata dapat terus berinovasi dalam mendorong bangkitnya bangsa ini pasca pandemi.

Untuk itulah ia berupaya keras mewujudkan ide pelaksanaan upacara 17 Agustus bersama Pegiat Wisata ini. “Kebetulan kami memiliki spot yang mendukung dan jadilah upacara yang berbeda dari kebanyakan ini,” tandasnya.

Senada, Ka Disbudpar Kota Semarang R Wing Wiyarso mengapresiasi upacara unik ini. Ia berharap, kedepan makin banyak ide kreatif dan inovatif dari pelaku wisata untuk memajukan industri pariwisata kota ini.

“Tentu ini sejalan dengan visi misi Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi yang ingin menjadikan Semarang sebagai kota tujuan wisata dan itu butuh upaya bergerak bersama dari seluruh stakeholders tentu saja,” tandas Wing. (Mushonifin)

Berita Terbaru:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here