Unwahas dan SMKN 1 Demak Gelar Lokakarya Penyelarasan Kurikulum DUDIKA

Kepala SMKN 1 Demak dan Dosen Unwahas berfoto usai kegiatan Lokakarya penyelarasan kurikulum dan bahan ajar SMK N 1 Demak dan mitra Dunia Usaha dan Dunia Industri Kerja (DUDIKA). (Foto Humas Unwahas)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim menggelar kegiatan Lokakarya penyelarasan kurikulum dan bahan ajar SMK N 1 Demak dan mitra Dunia Usaha dan Dunia Industri Kerja (DUDIKA). Acara yang berlangsung di Reinz Cafe dan Resto Demak dihadiri langsung oleh Dosen Fakultas Teknik, mitra Dunia Usaha dan Dunia Industri Kerja, Kasi SMK Cabang Dinas Pendidikan Wilayah II, kepala sekolah SMK Negeri 1 Demak, dan Guru SMK Negeri 1 Demak.

Menurut Dra Nursiwi Andayani M.Pd selaku kepala sekolah SMK Negeri 1 Demak kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan untuk penguatan sekolah.

“Kegiatan ini sesuai dengan amanat presiden dan visi dewan pendidik di SMKN 1 Demak demi mewujudkan kualitas manajemen, peningkatan prestasi sekolah dan mutu pembelajaran berbasis dunia kerja,” ujar Nursiwi pada Rabu (28/9/2022).

Kegiatan tersebut terselenggara Berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing SDM Indonesia. Dan Peraturan Menteri Perindustrian No. 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Pembinaan dan Pengembangan SMK Berbasis Kompetensi yang Link and Match dengan Industri.

Mustagfirin SSn MKom dosen Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim memaparkan beberapa materi pelajaran yang ada pada program keahlian desain komunikasi visual sudah ada peningkatan yang baik. Dia menyampaikan pentingnya penguasaan teori dan praktik sekaligus untuk meningkatkan skil teknis dan dibarengi skil komunikasi.

“Sehingga materi (teori dan praktik) yang diperoleh siswa dan siswi SMK Negeri 1 Demak dapat menjadi bekal dalam melaksanakan magang atau praktek kerja lapangan,” tandasnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Wahid Hasyim Prof Dr H Mudzakir Ali turut mengapresiasi terselenggaranya kegiatan tersebut.

“kegiatan semacam ini merupakan bentuk bakti Universitas Wahid Hasyim atas pemberdayaan dan peningkatan mutu SDM pengajar”, ungkapnya ketika diwawancarai. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here