Umrah Ditunda Sementara, Taj Yasin Minta Masyarakat Sabar untuk Kebaikan

Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin. ( foto humas pemprov jateng)

SEMARANG (Sigijateng.id) – Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, mengimbau masyarakat yang hendak berangkat ibadah umrah agar bersabar.

Imbauan tersebut disampaikan Taj Yasin menyusul kembali ditutup sementara ibadah umrah oleh Kemenag RI sejak tanggal 15 Januari 2022.

“Saya berharap kawan-kawan yang mau umroh ya kita tahan dulu. Kemarin saya ngobrol sama pak gub, ‘Pak saya pingin umroh, podo gus’. Tetapi, kita lihat dulu. Saya berharap kepada masyarakat juga untuk hati-hati kita tahan dulu deh untuk jangan umrah dulu,” kata Taj Yasin usai rapat paripurna di kantor DPRD Jateng, Senin (17/01/2022).

Taj Yasin menambahkan, pemerintah pusat melakukan berbagai upaya antisipasi agar virus Covid-19 varian Omicron tidak menjangkit masyarakat yang ibadah umrah maupun haji.

Salah satunya, lanjut dia, dengan melakukan penutupan sementara ibadah umroh. Langkah tersebut, menurutnya patut diapresiasi lantaran pemerintah tengah melakukan evaluasi untuk meminimalisir penularan.

“Pemerintah tentu akan mengevaluasi lagi. Ternyata kehati-hatian yang sudah diterapkan masih ada kendala. Omicron ini penularannya lebih cepat,” tandasnya.

Diinformasikan, Kementerian Agama menutup sementara penerbangan jamaah umrah sejak 15 Januari. Penutupan tersebut dalam rangka evaluasi skema One Gate Policy (OGP) terkait ibadah umrah.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menghentikan sementara pemberangkatan jemaah umrah sejak Sabtu, 15 Januari 2022. Hal ini dilakukan guna mengevaluasi skema One Gate Policy (OGP) dan memantau perkembangan Covid-19 di Indonesia dan Arab Saudi.

“Jemaah umrah akan diberangkatkan sampai 15 Januari 2022 dan kita coba hentikan sementara dalam rangka evaluasi,” ujar Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Hilman dalam keterangan tertulisnya, Minggu (16/1/2022).

Hilman menambahkan, pemberangkatan jemaah umrah sejatinya telah berjalan sejak Sabtu, 8 Januari 2022 lalu dengan total jemaah yang telah berangkat 1.731 melalui Asrama Haji Embarkasi Pondok Gede, Jakarta.

Skema OGP sendiri mewajibkan jemaah umrah yang tiba di Asrama Haji Pondok Gede dilakukan penapisan (screening) kesehatan dan kelengkapan dokumen. Adapun jemaah umrah yang telah berangkat pada Sabtu, 8 Januari akan kembali ke Indonesia pada Senin, 17 Januari 2022.

Sebelumnya pemberangkatan jamaah umrah sudah dilakukan sejak 8 Januari 2022 dengan jumlah pemberangkatan sekitar 1.731 orang. (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini