Tunggu Capaian Vaksin Anak Selesai, Dinkes Kendal Baru Jalankan Vaksinasi Booster Dosis Ketiga

Suasana pelaksanaan vaksinasi anak yang digelar di SD Negeri Kali Ayu, Kecamatan Cepiring Kendal pada Kamis (13/1/2022). (Foto : Dok.sigijateng)

Kendal (Sigijateng.id) – Plt Kepala Dinas Kesehatan Kendal, Parno mengatakan, setelah target vaksinasi anak tercapai, selanjutnya akan mulai mempersiapkan vaksinasi booster untuk dosis tiga di Kabupaten Kendal.

Untuk sasaran utamanya adalah para lansia dan masyarakat dewasa dengan syarat sudah menjalani vaksin dosis dua pada 6 bulan yang lalu. Vaksin khusus booster ini, kata Parno, nantinya terpusat di Pendopo Tumenggung Bahurekso dan 30 puskesmas yang ada.

“Khusus vaksinasi terpusat, Dinas Kesehatan sudah menyiapkan 4 tim tenaga kesehatan yang bertugas melakukan vaksinasi booster kepada Forkopimda dan pejabat di lingkungan OPD Kendal. Prinsip begitu nanti siap semua, nunggu arahan dari provinsi,” kata dia, Kamis (13/11/2022).

Berdasarkan catatan data di Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, vaksinasi anak usia 6-11 tahun sudah mencapai 85% dari total sasaran 95 ribu anak. Artinya masih ada 15% atau 14.250 anak yang dijadwalkan vaksinasi besok hari.

Parno mengatakan, vaksinasi anak usia di bawah 12 tahun ini harus selesai sebelum 15 Januari 2022. Sisa anak yang belum divaksin akan dituntaskan besok di 30 puskesmas yang ada. Dengan harapan, semua sasaran tidak ada yang terkendala kesehatan sehingga bisa divaksin 100 persen.

“Vaksin anak usia 6-11 tahun ini dilakukan oleh tenaga kesehatan puskesmas, dibantu TNI, Polri, dan BIN. Besok hari terakhir vaksin anak ini, targetnya sebelum 15 Januari sudah selesai,” terangnya.

Selain itu, Dinas Kesehatan mencatat vaksinasi masyarakat Kendal secara keseluruhan sudah mencapai 90% dari total target 800 ribuan orang. (Dye)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here