Tips Untuk UMKM Anda Supaya Go Digital

Ilutrasi: (foto freepik)

SIGIJATENG.ID – Survei yang dilakukan oleh katadata menyimpulkan bahwa ada sekitar 64 juta lebih UMKM di Indonesia yang ada hingga tahun 2022 namun baru 16 juta saja dari mereka yang sudah ikutan jualan online.

Jumlah UMKM di Indonesia yang mencapai lebih dari 64 juta ini mencerminkan sekitar 97 persen tenaga kerja secara nasional lho.

Bagi anda yang sudah memiliki UMKM sendiri namun belum berani go digital karena takut kalah saing atau memiliki kendala, coba deh simak artikel ini sampai selesai. Di bawah ini ada beberapa strategi yang dapat anda terapkan agar UMKM anda bisa go digital lebih cepat.

  1. Platform

Sekarang sudah banyak sekali platform untuk berjualan online. Cara paling mudah yang bisa anda mulai coba yakni berjualan di e-commerce terkenal seperti Tokopedia atau Shopee.

Atau jika produk anda Food and Beverage (FnB) dan siap saji, coba deh perluas pasar jualan anda melalui pesan antar makanan seperti gofood, grabfood dan lain sebagainya.

  1. Copywriting dan Visual

Ketika upload produk, coba deh beri gambar yang menarik, agar membuat orang jadi tertarik dan penasaran untuk membelinya. Hal ini berlaku juga untuk membuat judul produk, beri kata-kata yang menarik sesuai tren yang sedang berkembang namun harus tetap sesuai dengan produk anda.

Jangan lupa jika melakukan promosi menggunakan copywriting, tunjukkan dengan jelas value produk yang anda jual.

  1. Harga

Ingat, orang itu sensitif sekali dengan harga. Jangan takut memainkan harga selama masih wajar. Jangan lupa gunakan charm pricing dengan nominal yang menggunakan angka 9. Jangan ragu untuk memberi diskon asalkan itungannya benar. Harga coret bisa digunakan dan biasanya efektif untuk membat produk terlihat murah.

  1. Promosi

Ketika sudah memasukkan produk ke e-commerce, bukan berarti anda tinggal duduk manis menunggu pembeli.

Sama halnya ketika anda berjualan offline, anda juga harus lakukan promosi sama gencarnya. Coba manfaatkan multi platform seperti media sosial untuk promosikan dagangan anda. Atau juga bisa pasang iklan di Facebook Ads.

  1. Konsisten dan Sabar

Jualan itu tidak bisa tiba-tiba laris, pasti ada prosesnya. Sabar itu kuncinya. Kalau sudah coba promosi dan masih belum laris, coba analisis produk dan merek anda. Cek lagi apa dan perlu di optimasi dari merek anda agar lebih terlihat menarik pembeli.

Nah itu dia beberapa tips yang dapat anda lakukan agar usaha semakin dikenal dan bisa laris manis. (akhida)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini