Tips Meningkatkan Kemampuan Bicara Bahasa Inggris

Tips Meningkatkan Kemampuan Bicara Bahasa Inggris (foto freepik)

SIGIJATENG.ID – Dalam bicara, yang paling utama adalah kita tahu terlebih dahulu topik atau tema apa yang akan kita bicarakan. Sebelum bicara, kita harus tahu dulu apa yang akan dibicarakan. Memilih topik juga tidak bisa sembarangan, anda harus sesuaikan dengan level bahasa yang dimiliki.

Dalam Bahasa Inggris, ada tiga level Bahasa yang ditentukan berdasarkan topik pembicaraan dan kosakata yang digunakan. Yang pertama ada level dasar (beginner), kedua level menengah dan yang terakhir level tinggi.

Bagi anda yang masih berada pada tahap pemula atau dasar, ada baiknya pilih tema yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Pilih yang ringan-ringan saja, contohnya: cerita pengalaman liburan, hobi, kegiatan sehari-hari, tokoh idola. Intinya yang lekat dengan hidup kita. Durasi bicara antara 2-3 menit.

Kemudian, jika sudah naik ke level menengah, anda dapat meningkatkan kemampuan dengan menerapkan percakapan tentang isu atau masalah sehari-hari, di mana di situ ada pendapat yang dikemukakan. Contoh tema, sekolah apakah sebaiknya pakai seragam atau tidak? Anda peru pilih posisi dan jelaskan apa alasannya. Durasi bicara antara 5-6 menit.

Untuk level tinggi, anda disarankan mengambil tema conversation dalam lingkup teknis atau keilmuan. Contoh tema, ahli biologi menemukan teknik terbaru kloning manusia, sebagai pengambil kebijakan, apa yang anda lakukan? Setuju atau tidak? Apa dampaknya, apa plus minusnya, solusinya bagaimana? Dengan durasi bicara 9-10 menit.

Untuk level menengah dan tinggi, anda perlu persiapan. Tulis dulu ide-ide apa saja yang akan anda sampaikan di selembar kertas! Ini akan memudahkan anda saat praktik bicara. Selamat berlatih! (akhida)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini