Tingkat Okupansi Hotel di Kota Semarang Alami Sedikit Penurunan, Berikut Ini Laporan BPS

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Semarang Fachruddin saat menyampaikan tingkat kunjungan wisatawan di Kota Semarang pada bulan Oktober 2022, Kamis (1/12/2022). (Foto. Mushonifin/sigijateng.id)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Semarang melaporkan kunjungan wisatwan dan okupansi hotel di Kota Semarang selama bulan Oktober 2022. Pada laporan yang disampaikan di hadapan Organisasi Pemerintahan Daerah (OPD) Kota Semarang, Kamis (1/12/2022) itu, Fachruddin selaku kepala BPS Kota Semarang mengatakan perkembangan pariwisata di bulan Oktober 2022 jika dilihat dari kunjungan tamu mengalami sedikit penurunan.

“Tingkat Penghunian kamar (okupansi) sebesar 56,13 menurun 0,19 dibanding bulan september 2022. Sementara dari sisi penghunian kamar, hotel bintang lima menjadi tempat paling banyak dikunjungi yaitu sebesar 65,13 persen,” ujar Fachruddin.

“Dan Tingkat Penghunian Kamar paling rendah dialami oleh hotel-hotel bintang 1 yang hanya mendapat 35 persen okupansi,” tuturnya.

Sementara Rata-rata Lama Menginap (RLM) wisatawan Kota Semarang pada bulan Oktober selama 1,44 malam. “Data ini tidak mengalami perubahan dari bulan sebelumnya,” tandas Fachruddin.

“Lagi-lagi Hotel bintang lima memuncaki peringkag Rata-raya Lama Menginap selama 1,69 malam,” tegas Fachruddin dalam laporan.

“Sedangkan hotel bintang satu kurang dari 1 malam,” imbuhnya.

Untuk kunjungan wisatawan mancanegara ke Kota Semarang, selama Bulan Oktober tidak ada wisatawan asing melalui pintu masuk Bandara Ahmad Yani sehingga data yang diterima oleb BPS adalah 0. (Mushonifin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here