Tim Indonesia Menuju 31st SEA Games Vietnam Ditarget Raih 3 Besar, Menpora: Kontingen Indonesia Lebih Ramping

Menpora Zainudin Amali (kiri) secara simbolis menyerahkan bendera Merah Putih kepada Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari dan disaksikan CdM Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021 Vietnam Ferry J Kono dalam upacara Pengukuhan Tim Indonesia di Hall Basket GBK Senayan, Minggu, 8 Mei 2022. (Foto: instagram@kemepora.ri)

Jakarta (Sigijateng.id) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan target kepada Tim Indonesia yang akan berlaga di SEA Games ke-31 Vietnam 2021, dapat menduduki peringkat ketiga dalam perolehan medali.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat melepas Tim Indonesia Menuju 31st SEA Games Vietnam 2021 Tahun 2022 di halaman depan Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (9/5/2022).

Dalam acara tersebut, Jokowi mengungkapkan keinginannya untuk lebih merampingkan jumlah kontingen Indonesia yang dikirimkan untuk bertanding di event olahraga ini. “Hari ini segera akan kita lepas kontingen ke Vietnam. Saya ingin kontingen yang sekarang, yang tadi disampaikan oleh Menpora lebih ramping,” kata Jokowi.

Sementara, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengungkapkan jumlah kontingen Indonesia di SEA Games ke-31 Vietnam lebih ramping dibandingkan dengan jumlah kontingen ke event olahraga serupa di Filipina.

Dalam pengiriman atlet ke SEA Games ke-31, Amali mengatakan pihaknya telah mulai menerapkan penyeleksian secara ketat. Sehingga yang direkomendasikan oleh tim review untuk diberangkatkan ke SEA Games ke-31 di Vietnam tahun 2022 ini berjumlah 776 orang.

Kontingen Indonesia yang terdiri atas 499 atlet, 214 orang ofisial, dan 63 pendamping dan akan mengikuti 318 nomor pertandingan dari 31 cabang olahraga (cabor). Kontingen Indonesia dipimpin oleh Chef de Mission (CdM) Ferry J Kono yang juga menjabat sebagai Sekjen Komite Olimpiade Indonesia dan Wakil CdM Ade Lukman yang juga menjabat Sekjen KONI Pusat.

“Jumlah ini jauh berkurang bila dibandingkan dengan kontingen Indonesia yang dikirimkan ke SEA Games ke-30 di Filipina tahun 2019 lalu, yaitu sebanyak 1.304 orang. Terdiri dari atlet 841 orang, official 300 , dan pendamping 163 ,” kata Zainudin Amali, Senin (9/5/2022).

“Walaupun jumlahnya berkurang, tetapi diharapkan tetap dapat menjadi tolok ukur pembinaan prestasi olahraga nasional,” lanjut Zainudin Amali.

Dalam kesempatan itu, Amali menerangkan pengiriman kontingen Indonesia ke SEA Games kali ini berbeda dengan pengiriman kontingen tahun 2019. Pihaknya telah melakukan perubahan mendasar, termasuk perubahan paradigma yang menjadi pembeda untuk pengiriman kontingen SEA Games kali ini.

“Arahan bapak presiden pada peringatan Hari Olahraga Nasional ke-37 tahun 2020 meminta kami dan seluruh pemangku kepentingan untuk melakukan review total terhadap ekosistem pembinaan prestasi olahraga nasional,” terang Zainudin Amali.

Ditegaskannya, pemerintah sedang membangun pembinaan prestasi olahraga nasional yang kuat, dilaksanakan secara sistematis, terstruktur, dan berkelanjutan yang hasilnya baru bisa didapatkan beberapa tahun yang akan datang. “Kita tidak bisa lagi mengharapkan hasil prestasi secara instan,” bebernya. (Dye)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here