Terpilih Jadi Rektor UNNES, Prof Martono Unggul Jauh dari Pesaingnya

. Prof Dr S Martono memberi sambutan usai terpilih menjadi rektor Universitas Negeri Semarang (UNNES) untuk periode 2022-2026, Rabu (22/6/2022). (Foto. Unnes)

SEMARANG (Sigi Jateng) – Universitas Negeri Semarang (UNNES) akhirnya memiliki rektor baru untuk periode 2022-2026. Dalam sidang senat untuk pemilihan rektor yang digelar pada Rabu (22/6/2022), Prof Dr S Martono mengungguli kandidat lainnya.

Ketua Senat UNNES Dr Ir Sucipto MT IPM didampingi oleh Sekretaris Senat Dr Arif Purnomo SPd SS MP mengatakan, Prof martono unggul dengan 87 suara. Dia unggul jauh dari Dr Amir yang memperoleh 6 suara dan Dr dr Mahalul Azam dengan 5 suara.

Rektor Unnes periode 2018-2022, Prof Fatkhur Rohman menunjukkan surat suara saat pemilihan rektor baru 2022-2026, Rabu (22/6/2022). (Foto. Unnes)

“Rektor UNNES periode 2022-2026 setelah mendapatkan suara terbanyak,” ujar Dr Sucipto.

“Berdasarkan hasil pemungutan suara senat dan suara dari menteri atau kuasa menteri, hasilnya Prof Dr S Martono MSi memperoleh 87 suara, Dr Amir SPd MSi memperoleh 6 suara dan Dr dr Mahalul Azam M Kes 5 suara,” rincinya.

“Dengan perolehan suara tersebut calon Rektor UNNES terpilih adalah Prof Dr S Martono,” tegasnya.

Penetapan hasil pemungutan suara oleh Senat UNNES menandai akhir dari rangkaian proses pemilihan Rektor Periode 2022 -2026.

“Calon Rektor UNNES terpilih rencananya akan dilantik pada tanggal 26 Oktober 2022 mendatang,” kata Ketua Senat Dr Sucipto.

Sementara Rektor UNNES Prof Dr Fathur Rokhman MHum menyampaikan selamat kepada Prof Dr S Martono MSi sebagai Calon Rektor UNNES terpilih periode 2022-2026.

Prof Fathur mengatakan rektor yang terpilih merupakan putra terbaik UNNES yang telah melalui proses penjaringan dan penyaringan ketat sehingga diberi kepercayaan dan amanah baru menahkodai kampus ini.

“Semoga amanah tersebut dapat dijaga dan ditunaikan dengan baik, mampu mengantar UNNES mencapai prestasi terbaiknya sebagai universitas berkelas dunia kebanggaan Indonesia,” jelas Prof Fathur.

Prof Fathur menambahkan, ke depan tantangan perguruan tinggi semakin besar dan perjalanan UNNES dalam berkontribusi memajukan negeri juga masih panjang.

Selain perubahan besar yang dibawa oleh era disrupsi, perguruan tinggi juga memiliki tantangan besar dalam mempersiapkan diri dalam proses transformasi yang panjang.

“Kita ingin memastikan UNNES berkontribusi semakin besar dalam mewujudkan kemajuan bangsa dan negara. Dalam konteks itulah kepemimpinan menjadi sangat penting,” terang Rektor UNNES.

Menurut Prof Fathur kepemimpinan yang tangguh, cerdas, dan ikhlas akan membawa UNNES mampu mengarungi lautan luas sehingga sampai pada tujuan yang dicita-citakan bersama.

Hadir secara langsung kuasa Menteri Pendidikan Kebudayaan Kebudayaan Riset dan Teknologi Dr Ir Mustangimah MSi Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Kemendikbudristek.

Turut hadir perwakilan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Dini Indrawati Simbolon SH MH Kepala Subbagian Tata Usaha, Biro Organisasi dan Tata Laksana Kemendikbudristek, Suwitno SE Koordinator Hukum, Tatalaksana, dan Kepegawaian Kemendikbud Ristek dan Andi Irawan SIP MM Sub Koordinator Kepegawaian Kemendikbud Ristek.

Prof Dr S Martono MSi adalah guru besar dalam bidang ilmu manajemen.

Prof Martono lahir di Rembang, 8 Maret 1966. Prof Martono memperoleh gelar Sarjana di IKIP Semarang pada program studi Pendidikan Dunia Usaha, Bidang Administrasi Perkantoran. Beliau meraih gelar magister di Universitas Airlangga pada program studi ilmu manajemen dan Pada tahun 2012 meraih gelar Doktor di Universitas Diponegoro bidang ekonomi.

Guru besar pada Fakultas Ekonomi UNNES tersebut banyak menorehkan kan tinta emas dalam perjalanan karirnya. Berbagai tugas tambahan pernah diamanahkan kepada Prof Martono mulai dari menjadi Pendamping Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ekonomi) di awal karirnya hingga saat ini, Ia dipercaya sebagai Wakil Rektor bidang umum dan keuangan UNNES sejak tahun 2015.

Tak hanya bersinar di kampus, Prof Martono sempat menjadi Ketua Umum Asosiasi Sarjana dan Praktisi Administrasi Perkantoran Indonesia Jawa Tengah 2011-2020, Ketua Umum Asosiasi Pendidikan Ekonomi Lembaga Pendidikan Tinggi Kependidikan Se Indonesia 2011-2015, Ketua Forum Wakil Rektor Bidang II PTN BLU 2017-2020.

Di Bawah kepemimpinannya yang tegas dan disiplin, berhasil membawa reputasi UNNES gemilang. UNNES berhasil masuk peringkat 4 terbaik pelaporan bidang keuangan oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) 2016, selain itu UNNES juga meraih Peringkat Pertama Kategori Satuan Kerja Terbaik 2018 dan yang paling mutakhir UNNES meraih peringkat Terbaik Pertama Nilai Kinerja Anggaran Tahun Anggaran 2020 dari Kemendikbud.

Selain itu, UNNES juga mendapat Award Kinerja Anggaran Terbaik 3 Kategori PTN dari Kemendikbud Ristek dengan predikat sangat baik pada tahun 2021.

Di bawah kepemimpinan manajemennya, UNNES meraih 4 kali WTP berturut-turut.
Selain itu, Prof Martono memiliki pengalaman menulis buku yang berfokus pada kajian manajemen dalam perspektif kepemimpinan adaptif.

Buah pemikirannya telah Ia sarikan dalam 6 buah buku yang ditulis dalam 5 tahun terakhir, yang paling mutakhir adalah buku bertajuk Manajemen Era Disrupsi, Perubahan Organisasional dan Kepemimpinan.

Dalam paparan visi misi dan program kerja, Prof Dr S Martono MSi mengusung visi Membangun UNNES untuk Masa Depan Indonesia dan Dunia.

Dalam paparan strategi dan program kerja, Prof Martono menguraikan sejumlah strategi dan program di antaranya Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Bidang Perencanaan Keuangan dan Bisnis, Bidang Umum Hukum dan SDM, dan Bidang Riset Inovasi Teknologi dan Hubungan Internasional.

Pada Bidang Akademik dan Kemahasiswaan strategi dan program kerja unggulan berupa Relevansi Kurikulum Berorientasi Demand-Driven Education, Penguatan Kapasitas dan Keunggulan Kompetitif Program Studi, Peningkatan Reputasi Akademik Internasional dengan Pendidikan sebagai Unggulan, Pengembangan Excellence Development Center, Penguatan Karakter Unggul, Entrepreneurship, dan Kemampuan Adaptasi Global.

Untuk Bidang Perencanaan Keuangan dan Bisnis antara lain Optimalisasi Perencanaan dan Pengendalian Anggaran, Pengelolaan Keuangan Berbasis Kinerja Perguruan Tinggi Unggul, Transformasi Sistem Akuntabilitas Keuangan, Pengembangan Profitable Business Unit and Asset.

Bidang Umum Hukum dan SDM berupa Tata Kelola Perguruan Tinggi yang Sehat dan Adaptif, Akselerasi Penyusunan dan Implementasi Produk Hukum PTN BH UNNES, Pengembangan Roadmap SDM dalam Perencanaan, Pengembangan dan Karir yang Jelas, Terarah dan Berkualitas, Peningkatan Kesejahteraan Dosen dan Tendik Berbasis Kinerja.

Bidang Riset Inovasi Teknologi dan Hubungan Internasional Penguatan Riset Pendidikan strategi dan program kerja unggulan berupa Kolaborasi dengan IDUKA untuk Komersialisasi Hasil Riset, Penguatan Kapasitas Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Mendorong Pusat Kajian Riset untuk Terciptanya Produk atau Jasa Inovatif, Pengembangan Pusat Unggulan Ipteks, Pengembangan Edupark dan Science Techno Park, Peningkatan Jumlah Luaran Penelitian yang Memperoleh Rekognisi Internasional, dan Transformasi Organisasi dengan Teknologi Informasi sebagai Enabler, serta Peningkatan Jumlah Luaran Penelitian yang Memperoleh Rekognisi Internasional. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here