Terkait NFT, Menteri BUMN Erick Thohir : Hal Positif dan Generasi Muda Jadi Kreator

Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto : dok. bumn.go.id)

Jakarta (Sigi Jateng) – Menteri BUMN Erick Thohir menilai Non-Fungible Token (NFT) merupakan hal yang positif. Fenomena NFT, kata Erick, bisa mendorong generasi muda Indonesia menjadi kreator.

“Memang yang namanya NFT ini bagian daripada yang dinamakan Metaverse ini menjadi hal yang positif. Karena itu kita mendorong generasi muda Indonesia dengan jumlah populasi yang sangat besar berpotensi untuk menjadi kreator,” ujar Menteri BUMN Erick Thohir di Jakarta, Rabu (19/1/2022).

Menurut Erick Thohir, saat ini Metaverse berkembang dan menjadi tren, dengan membangun sebuah dunia baru tetapi sistem keuangannya terdesentralisasi. Contohnya, kata dia, ketika dulu seorang pelukis menghasilkan karyanya lalu ditransaksikan dari pembeli A ke pembeli B, maka pelukisnya tidak mendapatkan apapun dari transaksi tersebut.

Namun karena sekarang ini ada otentifikasi maka lukisan itu ketika diperdagangkan dan ada teknologi yang namanya cryptocurrency serta sistem blockchain, maka untuk setiap transaksi yang terjadi pelukisnya mendapatkan komisi 10%.

“Maka dari itu kita mendorong generasi muda jangan menjadi generasi yang konsumtif, namun menjadi generasi yang produktif,” kata Erick Thohir.

Lebih lanjut Menteri BUMN menjelaskan bahwa dalam gim saat ini ada yang namanya game finance. Dulu ketika main gim maka harus mengeluarkan uang, namun sekarang bermain gim malah mendapatkan uang.

Hal Positif dan Generasi Muda Jadi Kreator. (Foto : ilustrasi- Freepik.com)

Hal itu menjadi kesempatan bagi generasi muda agar jangan hanya memainkan gim namun masuk ke dalam ekosistem dari gim tersebut. Bukan tidak mungkin entrepreneur muda bisa jualan baju kepada para pemain yang main gim di situ. Contoh saja kenapa nanti Intellectual property – Intellectual property (IP) lokal harus didaftarkan.

Itulah, kata dia, kenapa yang namanya konten kreator ke depan menjadi sangat penting. “Dan kalau melihat juga banyak riset menyatakan generasi muda Indonesia saat ini ingin menjadi YouTuber atau online gamers. Itu tidak masalah karena berkaitan dengan pembukaan lapangan kerja,” katanya.

Diketahui, bahwa pengertian NFT sendiri adalah barang digital yang tak tergantikan. Ini bisa berupa gambar, karya seni, koleksi, cuplikan video, album musik, gim, dan banyak lainnya. NFT dicetak di blockchain, mirip dengan cryptocurrency. Oleh karena itu mereka unik dan langka dan sulit untuk dipalsukan.

Investor digital memanfaatkan aset digital NFT demi menghasilkan uang dalam jumlah besar dengan jangka waktu singkat. Sebuah NFT tunggal dapat dibeli dan dijual beberapa kali. Tetapi, pembeli harus membayar biaya royalti kepada pemilik atau pencipta asli dengan setiap penjualan. Biaya royalti biasanya sekitar 10%. (Dye)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini