Terima CSR 1 Unit Mobil dari KAI, Taj Yasin : Gunakan Mobil Ini untuk Pantau Mudik

Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Tengah mendapat bantuan satu unit mobil dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) DAOP IV Semarang. (Foto: Dok. Pemprov Jateng)

Semarang (Sigijateng.id) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) DAOP IV Semarang menyerahkan bantuan berupa satu unit mobil untuk diberikan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Tengah (Jateng). Mobil itu merupakan bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) KAI.

Penyerahan bantuan satu unit kendaraan mobil tersebut secara langsung diterima oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen yang akrab disapa Gus Yassin selaku Ketua Dewan Pembina PMI Provinsi Jawa Tengah.

Kepala KAI Daop IV Semarang, Wisnu Pramudyo, mengatakan mobil yang telah diserahkan ini bisa turut menunjang kinerja PMI dalam menghadapi Mudik lebaran kali ini. “Setiap tahun kami ada program CSR. Tahun ini untuk pemprov Jateng. Kali ini untuk mendukung operasional PMI di Mudik lebaran. Mudah-mudahan ini bermanfaat,” kata dia.

Disinggung soal persiapan KAI menghadapi mudik lebaran, Wisnu menjelaskan pihaknya sudah melakukan pengecekan menyeluruh di wilayah Daop IV Semarang. Pengecekan meliputi sarana, prasarana dan fasilitas termasuk standar minimum pelayanan bagi penumpang.

“Persiapan mudik di DAOP IV, kami persiapkan dari sisi sarana prasarana maupun fasilitas penumpang. Kami bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian, sertifikasinya kami cek, sarana prasarana kami lihat kelayakannya. Kita cek bareng-bareng. Standar pelayanan minimum ini juga kami lakukan persiapan bersama,” terangnya.

Wisnu menambahkan khusus di Daop IV Semarang ada penambahan sekitar 57 ribu tiket bagi penumpang. Dia meminta masyarakat yang akan naik kereta api mentaati peraturan yang ditetapkan pemerintah saat mudik lebaran nanti.

“Untuk yang sudah booster, bebas tanpa menunjukkan hasil tes apapun. Yang vaksin kedua wajib tunjukkan hasil negatif rapid antigen, yang vaksin pertama harus tunjukkan hasil PCR,” tutupnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin mengungkapkan, bantuan transportasi untuk PMI Jateng ini tepat waktu. Pasalnya, pemerintah pusat telah mengumumkan adanya libur cuti bersama Idul Fitri tahun ini.

“Bantuan transportasi yang diserahkan kepada PMI ini tepat waktu. Terlebih telah diumumkan pemerintah bahwa tahun ini ada libur cuti bersama lebaran. Dengan adanya bantuan transportasi untuk PMI ini, maka bisa digunakan untuk memantau jalannya mudik, dan kondisi di masyarakat,” kata Taj Yasin, dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (7/4/2022).

Taj Yasin mengimbau kepada masyarakat yang nanti mudik, agar tetap menjaga prokes. Dia mengingatkan bahwa Covid-19 masih ada, sehingga harus diwaspadai. Selain itu, dia juga meminta agar masyarakat yang merasa sakit dapat menghubungi PMI di pos-pos mudik yang disiapkan nanti.

“Saya berharap dengan masyarakat, nanti kalau melaksanakan mudik untuk tetap mentaati prokes, vaksin, yang sakit bisa hubungi PMI yang nanti ada di titik2 pos mudik,” imbuhnya. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini