Tegas! Menteri ATR/BPN Meminta di Jateng Ada Akselerasi Terkait Program PTSL, Tahun 2023 Harus Tuntas

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/ Kepala Badan Pertanahan (BPN) Hadi Tjahjanto. Foto :infografis instagram @kementerian.atrbpn

Semarang (Sigijateng.id) – Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/ Kepala Badan Pertanahan (BPN) Hadi Tjahjanto meminta adanya akselerasi program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di wilayah Jateng.

Pihaknya menilai hingga saat ini penyelesaian program PTSL masih kurang 28 persen dari rencana awal yang dicanangkan.

“Program PTSL agar segera dirampungkan paling tidak pada tahun 2023 harus tuntas,” kata Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto saat berada di Kantor BPN Jateng Jl Ki Mangunsarkoro, Semarang, Rabu (27/6/2022).

Menurut Hadi, akselerasi ini sesuai dengan apa yang telah diperintahkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, jika PTSL harus segera dirampungkan.

“Kami sudah meminta Kanwil BPN Jateng itu menyelesaikan PTSL ini tepat waktu,” tegas mantan Panglima TNI ini.

Hadi menambahkan, sesuai dengan target saat ini, secara nasional baru 80 juta dari 126 juta sertifikat tanah. Ketika capaian ini sudah 100 persen maka secara geospasial, batas luas, kemudian koordinat sudah masuk sertifikat.

Selain itu, Menteri ATR/Kepala BPN juga berharap jajaran di Kementerian ATR/BPN dapat bersinergi dan koordinasi yang lebih baik dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai penyelenggara urusan di bidang pertanahan dan tata ruang.

“Termasuk pelayanan pertanahan seperti balik nama dan lainnya agar masyarakat datang langsung ke kantor BPN. Petugas saya minta juga membantu dan tidak mempersulit masyarakat yang akan mengurus surat tanah,” imbuhnya. (Red)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini