Tak Banyak Orang Tau, Inilah 5 Manfaat Kacang Mete untuk Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Kacang Mete untuk Kesehatan Tubuh (Foto : freepik.com)

SIGIJATENG.ID – Kacang mete juga biasa disebut kacang mede atau kacang mente. Kacang mete sebenarnya bukanlah kacang, melainkan biji dari buah jambu mete. Buah jambu mete yang juga dikenal sebagai jambu monyet yang memiliki nama Latin Anacardium occidentale. Buah ini bukanlah anggota jambu-jambuan, melainkan berkerabat dekat dengan buah mangga.

Kacang mete biasanya dijadikan camilan lezat dengan rasa gurih, asin, sedikit manis, dan renyah. Hal ini menjadikan kacang mete disukai banyak orang.

Tak hanya lezat, kacang mete ternyata juga menawarkan sejumlah manfaat kesehatan yang sayang untuk dilewatkan.

Apa saja manfaat kacang mete bagi kesehatan? simak ulasan berikut!

Dilansir dari Hellosehat, Berikut 5 manfaat kacang mete:

  1. Menyehatkan Jantung

Manfaat kacang mete untuk kesehatan jantung telah didukung oleh sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Nutrition. Kacang mete memiliki kandungan vitamin dan mineral lain, seperti kalium, vitamin E, vitamin B6, serta asam folat juga dapat membantu tubuh dalam melawan penyakit jantung.

  1. Meningkatkan kepadatan tulang

Kacang mete adalah salah satu dari beberapa sumber makanan yang kaya akan mineral tembaga. Tembaga sendiri memainkan peranan penting untuk menggantikan jaringan ikat dan kolagen yang rusak. Tanpa asupan tembaga yang cukup, jaringan tubuh akan mudah rusak dan Anda lebih rentan terserang penyakit disfungsi sendi.

Tak hanya itu, kacang mede juga mengandung magnesium yang berperan penting dalam pembentukan tulang.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Dalam sebuah penelitian ‘American Journal of Clinical Nutrition’ menemukan bahwa kacang mete juga bermanfaat dalam menurunkan berat badan. Untuk itu, dengan rutin makan kacang lebih dari dua kali dalam seminggu dapat membantu menjaga berat badan tetap stabil.

  1. Mencegah batu empedu

Kandungan lemak tak jenuh tunggal pada kacang mete membuat jenis kacang yang satu ini dapat membantu mengontrol kadar kolesterol. Dalam hal ini, mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Kondisi itulah yang akhirnya juga bisa mencegah pembentukan batu empedu.

  1. Menjaga kesehatan mata

Kacang mete berperan penting dalam menjaga kesehatan mata berkat kandungan antioksidan yang dimilikinya. Nutrisi tersebut berfungsi sebagai filter UV dan melindungi mata dari bahayanya efek sinar matahari. Selain itu, rutin mengkonsumsi kacang mete juga dapat membantu meningkatkan kualitas penglihatan.

Nah itu dia 5 manfaat kacang mete yang perlu kamu tau. Semoga bermanfaat! (dimas)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini