Tak ada 100 Persen, Satu Sekolah SMA di Kendal ini Hanya Bisa Serap 82 Persen Siswa Baru

Ilustrasi (Foto : pixabay.com)

Kendal (Sigijateng) – Tak seperti tempat sekolah lain yang bisa menampung 100 persen dari kapasitas yang ada, namun ada satu Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri yang berada di Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal justru hanya mampu menampung 82 persen saja.

Sebagaimana diketahui, di Kabupaten Kendal sendiri terdapat sebanyak 6.732 siswa lulusan SMP sederajat pada tahun ajaran 2022/2023 ini. Dan di wilayah itu terserap di SMA dan SMK negeri setempat.

“Daya tampung PPDB di SMA negeri Kabupaten Kendal mencapai 3.888 orang. Sedangkan daya tampung SMK negeri Kendal sebanyak 2.844 orang,” kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah XIII Kendal, Ernest Ceti Septyanti.

“Hanya SMAN di Kecamatan Patean baru terisi 82 persen dari kapasitas 108 siswa. SMA ini berada di pinggiran sehingga masyarakat sekitar sepertinya lebih tertarik sekolah di SMK karena orientasinya untuk bekerja di industri,” sambungnya.

Menurut Ernest, untuk lulusan SMP sederajat yang belum terserap di SMA dan SMK negeri Kendal bisa mendaftar ke SMA/SMK swasta. Selain itu, calon siswa juga bisa mendaftar di SMA/SMK di Kota Semarang berdasarkan peraturan yang berlaku.

Lanjut dia, semua SMAN dan SMKN sudah menerapkan PPDB online, namun ada beberapa sekolah swasta yang masih menerapkan PPDB secara langsung di sekolah.

“Untuk kebijakan masih sama. Kalau di SMA lebih menekankan pada jalur zonasi, kalau SMK pada prestasi,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi mengungkapkan jika angka kelulusan jenjang SMP negeri dan swasta mencapai 11.447 siswa.

Hingga saat ini, pihaknya juga sedang melakukan identifikasi angka melanjutkan sekolah di Kabupaten Kendal ke jenjang SMA sederajat.

“Kami sedang melakukan identifikasi, siswa melanjutkan ke sekolah mana saja. Karena PPDB jenjang SMA sederajat baru selesai pekan kemarin,” tandasnya. (Red)

Berita Terbaru:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here