Taj Yasin Ingin Gunung Telomoyo Jadi Tempat Wisata Olahraga,  Disambut Antusias Anissa

Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin saat menutup Telomoyo Cup 2022, Minggu (18/9/2022). ( foto humas pemprov jateng)

SEMARANG (SIGIJATENG.ID) – Objek wisata Gunung Telomoyo di Kabupaten Semarang berpotensi besar menjadi wisata olahraga (Sport Tourism) di Jawa Tengah yang menyedot banyak wisatawan.

Salah satu caranya adalah memperbanyak event di Telomoyo, diantaranya dengan menggelar event olahraga.

“Tempat ini (Telomoyo) memiliki potensi besar jadi ajang wisata olahraga (Sport Tourism) di Jawa Tengah,” kata Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen usai menutup kegiatan olahraga Gantole dan Paralayang Telomoyo Cup VI dan Kejuaraan Nasional 2022 di Lapangan Desa Sraten, Kabupaten Semarang, Minggu (18/09/2022).

Menurut Taj Yasin, berdasar laporan yang dia terima, telah terjadi perputaran uang yang banyak dalam even Telomoyo Cup IV ini, yakni mencapai lebih dari Rp. 350 juta selama sepuluh hari terakhir.

Ini adalah menjadi isyarat bahwa tempat ini memiliki potensi dan perlu dikembangkan lagi. Agar bisa maksimal, sarana prasarana juga harus ditingkatkan.

“Saya berharap di tahun 2024 nanti (Telomoyo ) bisa direalisasikan menjadi tempat wisata olahraga (Sport Tourism). Ning kudu bareng-bareng, gotong royong. Mulai saat ini disiapkan,” ucap Taj Yasin.

Wagub menambahkan wisata olahraga Gantole dan Paralayang ini memerlukan kerjasama berbagai pihak. Menurutnya, apabila dilaksanakan dengan baik, maka wisatawan akan mendapat kenyamanan dan pengalaman yang menyenangkan selama berwisata.

“Tadi saya ngobrol sama Kadis Pariwisata, lomba kali ini (diikuti) 120 orang. Kalau 120 (peserta menginap di) homestay sehari Rp. 75 ribu. Itu sudah Rp. 90 juta selama 10 hari. Bayangkan selama 10 hari income sudah 90 juta,” imbuhnya.

Saat sambutan, wagub mengajak salah seorang warga untuk dialog. Annisa, salah satu warga menilai jika acara ini sangat bagus. Apalagi, dampak ekonomis yang langsung dirasakan oleh masyarakat. Dia berharap agar pengembangan potensi wisata bisa dilakukan sebaik mungkin serta memperhatikan kebutuhan pedagang dan masyarakat sekitar.

“Acaranya bermanfaat untuk masyarakat sekitar. Banyak penonton jadi ada banyak pemasukan (untuk pedagang). Kedepannya kalau bisa melibatkan pemuda sekitar sini, dan penataan untuk pedagang supaya bisa lebih nyaman,” kata Annisa.

Sebagai informasi, kawasan wisata Gunung Telomoyo terletak di Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang. Tempat ini berada di ketinggian 1894 mdpl.

Dari dari puncak Gunung Telomoyo pengunjung bisa menikmati deretan gunung tinggi seperti Merapi, Merbabu, Lawu, Sumbing, Sindoro dan Prau.

Lebih dariu iru, juga bisa menikmati luasnya danau Rawa Pening di Bawen. Suasana dan pemandangan alam dari Gunung Telomoyo yang serasi serta eksotis, terasa membawa kedamaian bagi para wisatawan atau pendaki Gunung Telomoyo.

Puncak Gunung Telomoyo dikenal sebagai tempat dilakukannya take off event tahunan kejuaraan olahraga Gantole Telomoyo Cup yang pendaratannya dilakukan di dekat Danau Rawa Pening.

Selain puncak Gunung Telomoyo, juga terdapat air terjun Seloprojo yang berada di lerengnya yang merupakan air terjun yang airnya tidak begitu deras sehingga ramah terhadap anak-anak. Di samping itu juga terdapat destinasi wisata religi di kawasan Gunung Telomoyo yaitu Makam Ndalangan dan Makam Mbah Mangli yang banyak dikunjungi para peziarah. (aris)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here