Taj Yasin Apresiasi Langkah KONI Jateng Berikan Jaminan Perlindungan Kecelakaan Bagi Atlet

Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin saat memberikan sambutan dan sekaligus membuka Raker KONI Jateng di Grand Candi Semarang, Senin (19/9/2022). (foto aris/sigijateng)

SEMARANG (Sigijateng.id) – Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen mengapresiasi upaya KONI Jateng dalam memberikan perlindungan Atlet di Jateng, yakni dengan bekerjasama KONI Jateng dengan BPJS Ketenagakerjaan. Dengan adanya kerjasama ini diharapkan dapat memberikan jaminan perlindungan kecelakaan pada atlet.

“Atlet mempunyai risiko ketika melakukan pertandingan, latihan, dan sebagainya. Maka perlu kita hadirkan perlindungan kepada para atlet, salah satunya kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Ini progam bagus,” kata Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen di saat membuka Rapat Kerja KONI Jateng di Hotel Grand Candi, Senin (19/9/2022).

Hadir dalam acara pembukaan, Wakil Ketua Umum I KONI Pusat Mayjen TNI (Purn) Suwarno

mewakili Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman, pengurus KONI Jateng, pengurus harian KONI Kota/Kabupaten se Jateng dan pimpinan cabor yang ada di Jateng. Raker KONI Jateng 2022 ini digelar dua hari, Senin – Selasa (19-20/9/2022).

Wagub Tak Yasin mengatakan, karena atlet sangat rentan mengalami kecelakaan kerja, baik saat sedang bertanding maupun latihan berisiko, karenanya perlu adanya jaminan perlindungan untuk para atlet, sehingga atlet di semua cabang olahraga semakin semangat berlatih dan meningkatkan prestasi olahraga Jateng.

Di sisi lain, Taj Yasin berharap Rapat Kerja KONI Jateng dapat menghasilkan keputusan yang baik untuk kemajuan olahraga Jateng beberapa tahun kedepan. Terlebih dengan meredanya Covid-19, masyarakat menantikan ajang pertandingan olahraga di Jawa Tengah.

“Penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2023 di Pati Raya harus kita siapkan betul, sehingga ini bisa menunjang prestasi olahraga di Jateng. Dan para atletnya juga perlu disiapkan. Saya berharap Pati Raya juga sudah bersiap menjadi tuan rumah Porprov 2023,” pintanya.

Sementara, Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura mengatakan, pelaksanaan Raker KONI Jateng ini memang diajukan dari waktu yang biasanya, karena memang ada beberapa hal yang meminta Raker diajukan atau dipercepat. Diantaranya adalah terkait dengan keputusan akan pelaksanaan Porprov Jateng 2023.

“Saat ini, tanggal pelaksanaan Porprov Jateng 2023 di Pati Raya belum diputuskan. Selain itu juga aturan-aturannya. Agenda Raker KONI Jateng ini adalah memutuskan hal itu. Selain itu, juga pembahasan lainnya, seperti memutuskan tempat dan tahun pelaksanaan Porprov berikutnya,” kata Bona.

Dikatakan dia, tanggal pelaksanaan Porprov Jateng 2023 hampir pasti tanggal 9 – 15 September 2023 mendatang di Pati Raya. Namun tanggal pelaksanaan itu masih sebatas rencana, dan keputusannya ada di Raker ini. Memang rencana tanggal 9-15 September 2023 sudah disetujui Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, saat KONI Jateng melakukan audiensi dengan gubernur.

“Selamat mengikuti Raker, semoga bisa menghasilkan keputusan-keputusan terbaik untuk kemajuan olahraga Jawa Tengah,” kata dia saat memberikan sambutan.

Sementara, Deputi Direktur BP Jamsostek Kanwil Jateng-DIY Cahyaning Indrasari mengatakan, para atlet mempunyai risiko tinggi mengalami kecelakaan kerja saat bekerja. Sehingga upaya perlindungan kecelakaan sangat diperlukan bagi mereka.

Menurutnya, perlindungan dari BP Jamsostek sangat penting bagi para atlet untuk mendapat jaminan pelayanan kesehatan saat mengalami kecelakaan kerja, jaminan hari tua, serta santunan kematian.

“Saya kira ini sangat penting. Jadi apabila atlet, official, pelatih, wasit sudah terlindungi maka tidak perlu lagi dari organisasi merasa cemas dan sudah aman karena ada BP Jamsostek yang akan berikan perlindungan,” katanya. (aris)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here