SRCIS Gelar Pesta Retail Jateng di Sam Poo Kong Semarang, Resmikan Bursa UKM Jawa Tengah

Sekda jateng Sumarno saat hadir di acara Pesta Retail Jawa Tengah di Sam Poo Kong Semarang. ( foto dok srcis)

SEMARANG (sigijateng.id) – PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) melalui PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) Pesta Retail terbesar di 15 kota di Indonesia untuk merayakan kesuksesan toko, termasuk di Semarang.

Pesta Retail di Semarang digelar di Sam Poo Kong, Semarang, mulai 26 November 2022 hingga 18 Desember 2022.

Acara ini merupakan bagian dari rangkaian Pesta Retail terbesar di Indonesia yang digelar dengan tujuan untuk memperkuat ekosistem UMKM dalam mendukung program pemulihan ekonomi Nasional, serta dalam rangka merayakan kesuksesan toko kelontong SRC (Sampoerna Retail Community).

Acara ini dihadiri oleh dari 600 toko kelontong SRC dari Tegal, Pemalang, Pekalongan, Kendal, Demak, Grobogan, Kudus, Blora, Pati, Jepara, Kediri dan Semarang, serta 22 UMKM mitra Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah.

Tercatat lebih dari 6.000 pengunjung memenuhi acara yang dimeriahkan oleh penampilan Pandora, Yenni Inka, Ndarboy dan Pertelon Koplo ini.

Pada puncak acara Pesta Retail Jawa Tengah, SRCIS bersama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) meresmikan Bursa UKM Jawa Tengah 2022 sebagai upaya untuk memperluas jaringan UMKM, khususnya di Jawa Tengah.

Peresmian Bursa UKM Jawa Tengah.

Selama ini, PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) konsisten mendukung transformasi dan digitalisasi bagi UMKM toko kelontong melalui Sampoerna Retail Community (SRC).

Upaya ini terbukti memberikan dampak positif khususnya dalam menggerakkan perekonomian dan meningkatkan kontribusi sektor UMKM. Kini, terdapat lebih dari 225.000 toko kelontong tradisional di seluruh Indonesia yang telah bergabung dengan SRC dan mendapatkan pembinaan untuk mengembangkan usahanya agar lebih berdaya saing. Dengan demikian, mereka siap bersaing sesuai kebutuhan zaman dan turut mendukung perekonomian Indonesia.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno, yang hadir mewakili Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, menyampaikan terima kasih kepada SRC yang hadir, apalagi dari informasi yang diterimanya di Jawa Tengah sudah ada lebih dari 16.000 anggota.

“Ini adalah hal yang luar biasa, di mana SRC dapat membuka lapangan pekerjaan bagi diri sendiri dan juga karyawan yang terlibat,  khususnya di Jawa Tengah. Saya juga memberikan apresiasi kepada SRC yang telah membantu UMKM dengan akses pembukuan dan permodalan. Semoga rekan rekan semuanya semakin sukses ke depannya,” kata Sumanrno.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia Arsjad Rasjid menyampaikan apresiasinya terhadap SRC.  UMKM memiliki peran yang luar biasa untuk perekonomian di Indonesia, dengan kontribusinya yang besar pada PDB Nasional dan juga menjadi penyerap tenaga kerja di Indonesia. Pada kesempatan ini, saya ingin memberikan apresiasi kepada SRC dalam memberdayakan ribuan toko kelontong.

 “Kinerja SRC sejalan dengan program kerja KADIN Indonesia dan Gerakan Kemitraan Inklusif untuk UMKM Naik Kelas yang diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo bulan Oktober lalu. Semoga dengan adanya Pesta Retail Jawa Tengah, SRC dapat semakin sukses dan terus berinovasi serta menjadi katalis bagi UMKM di seluruh Indonesia untuk bisa naik kelas,” tegas Arsjad Rasjid

Sebelumnya, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia telah menyebutkan bahwa UMKM berkontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Sektor ini berkontribusi hingga 60,5% terhadap produk domestik bruto (PDB), serta memiliki kemampuan untuk menyerap 96,9% dari total angkatan kerja nasional.

Direktur Penjualan PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) Ivan Cahyadi mengatakan, selama lebih dari 14 tahun eksis di Indonesia, Toko Kelontong SRC membawa transformasi yang progresif pada sektor UMKM nasional sehingga dapat secara konsisten berkontribusi dalam mendukung pertumbuhan ekonomi. “Toko kelontong SRC di seluruh Indonesia juga ikut berpartisipasi dalam menopang PDB, di mana kontribusinya mencapai Rp69,3 triliun atau setara 4,1 persen terhadap total PDB ritel nasional,” ujar Ivan.

Mengingat perannya yang sangat strategis dalam perekonomian Indonesia, Ivan mengatakan, perlu ada kolaborasi antara seluruh pemangku kepentingan agar sektor UMKM, khususnya toko kelontong, semakin maju. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk memperkuat sektor UMKM di Indonesia. “Penguatan peran UMKM ini akan mengokohkan kesiapan Indonesia dalam menyongsong situasi ekonomi yang dinamis pada 2023. SRC juga telah bersiap untuk itu,” kata Ivan

Dia menambahkan, pihaknya terus komitmen mendorong transformasi dan digitalisasi UMKM secara berkelanjutan. “Rangkaian Pesta Retail juga diharapkan dapat mendorong SRC untuk terus memberikan nilai tambah bagi perekonomian Indonesia secara berkelanjutan,” tegas Ivan.

Sementara itu, Direktur PT SRCIS Rima Tanago menambahkan, Pesta Retail Jawa Tengah akan menjadi ajang untuk menyatukan dan memperkuat solidaritas dari seluruh toko kelontong SRC di Jawa Tengah.

“Kegiatan ini merupakan bukti konkret dalam upaya kami mengembangkan potensi UMKM toko kelontong di seluruh Indonesia agar dapat naik kelas. Kami percaya Pesta Retail Jawa Tengah 2022 ini akan membangun optimisme pelaku UMKM agar siap menghadapi berbagai tantangan yang dinamis,” ujar Rima.

Kegiatan akbar ini, lanjut Rima, diharapkan dapat memperkuat ekosistem toko kelontong SRC agar makin adaptif dan inovatif di manapun mereka berada. Serta memperkenalkan toko kelontong SRC kepada masyarakat lebih luas lagi. Oleh karena itu, selama Pesta Retail Jawa Tengah berlangsung, para pedagang Toko Kelontong SRC dipacu untuk mengeksplorasi berbagai inovasi demi kemajuan bisnisnya.

“Pesta Retail ini akan menjadi momentum bagi toko kelontong SRC untuk membuktikan kemampuannya sebagai toko serba bisa yang menjadi andalan bagi kebutuhan masyarakat Indonesia, mulai dari kebutuhan sehari-hari sampai dengan produk digital,” katanya. (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini