Songsong Pemilu Serentak 2024, KPU Kota Pekalongan Siapkan Strategi Jitu

Ketua KPU Kota Pekalongan, Rahmi Rosyada Thoha (Foto : Humas KPU Kota Pekalongan)

Pekalongan (Sigijateng.id) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekalongan siapkan sejumlah skenario dan strategi dalam menghadapi pemilu serentak pada 2024 mendatang. Meski saat ini, proses persiapan pelaksanaan pesta demokrasi masih di jenjang KPU RI.

Yakni tahapan pemilu paling lambat adalah 20 bulan sebelum hari pemungutan suara atau tepatnya di sekitar pertengahan bulan Juni 2022.

Ketua KPU Kota Pekalongan, Rahmi Rosyada Thoha mengatakan pada bulan Februari 2022 lalu telah dilaunching Hari Pemungutan Suara (HPS) Pemilu Serentak 2024 yakni tanggal 14 Februari 2024.

“Sehingga tarik mundurnya pada saat itu, sudah digaungkan supaya ada euforia, pemilu serentak tetap dilaksanakan sebagai tekad ketetapan dari KPU bahwa seluruh DKPP, Pemerintah dan DPR RI,” kata Rahmi.

Menurutnya, saat ini KPU RI dengan periode yang baru ini tengah bekerja keras untuk menyusun regulasi-regulasi terutama mengenai tahapan yang mengatur bagaimana agar selama 20 bulan mendatang ini semua persiapan terisi penuh setiap tahapan dan regulasinya.

“Itu lah beberapa hal yang masih dibahas di rapat dengar pendapat baik pada Januari lalu di periode lama, dan di periode yang baru ini juga intens dimana di bulan ini mereka sudah membahas tentang persiapan-persiapan tersebut,” tuturnya, Jumat (20/5).

Dijelaskan, pada dasarnya KPU RI sedang berada dalam menyiapkan regulasi-regulasinya sebagai payung hukum dari pelaksanaan pemilu serentak 2024 mendatang.

Sementara, untuk di tingkat KPU Kota Pekalongan, Rahmi menjelaskan, jajaran KPU daerah terus melakukan sosialisasi pemilu serentak melalui berbagai platform media sosial dalam menampilkan data-data terupdate berkaitan dengan pelaksanaan pemilu sebelumnya.

“Diantaranya seperti melalui instagram, facebook, website, dan sebagainya,” jelasnya.

Pihaknya juga terus melakukan pemutakhiran data pemilu berkelanjutan setiap bulannya. Selain itu, melakukan rapat pleno dan mensosialisasikannya melalui media sosial.

“Persiapan lainnya sembari menunggu ditetapkannya tahapan PKPU. Kami juga terus berkoordinasi dengan KPU Provinsi. Bahkan, persiapan pilkada pada 24 November 2024 juga kami sudah siapkan untuk anggarannya,” tutup Rahmi. (Dudi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here