Songsong 1 Abad, Seribuan Warga PSHT Ranting Bawang Cabang Batang Gelar Kirab Budaya

Seribuan warga PSHT Ranting Bawang Cabang Batang menggelar kirab budaya dalam rangka menyongsong 1 Abad PSHT Pusat Madiun, Kamis (26/5). (Foto : vian/sigijateng.id)

Batang (Sigijateng.id) – Sebanyak kurang lebih 1.000 warga Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Ranting Bawang Cabang Batang Pusat Madiun melakukan kirab budaya dalam rangka menyongsong 1 Abad PSHT tahun 2022 ini, Kamis (26/5/2022).

Dalam kirab budaya tersebut, para pendekar seni bela diri PSHT tersebut berjalan kaki menempuh perjalanan sejauh 1 kilometer menuju Alun-alun Ibukota Kecamatan Bawang digelarnya kegiatan songsong 1 Abad PSHT Pusat Madiun.

Berbagai iringan musik kesenian tradisional tong-tong prek maupun group marching band dari masing-masing rayon turut memeriahkan acara tersebut. Masyarakat sekitar pun tumpah ruah memadati sepanjang jalan digelarnya kirab budaya.

Setiap masing-masing rayon juga membawa kendil berisikan air suci serta tanah untuk diserahkan ke pengurus cabang PSHT Batang. Selain itu, juga membawa tumpeng nasi lengkap dengan lauk 1 ekor ayam yang sudah matang untuk dibagikan kepada warga PSHT dan masyarakat.

Ketua cabang PSHT Batang, Bambang Heriyanto mengatakan kegiatan ini salah satu bentuk menyatukan seluruh warga PSHT dengan dirangkai halal bi halal sekaligus menyongsong 1 Abad PST Pusat Madiun yang kali ini digelar di Ranting Bawang.

“Makna dari pengumpulan air suci dan tanah setiap masing-masing rayon PSHT ini sebagai simbol, bahwa warga PSHT Cabang Batang cinta akan NKRI,” kata Bambang.

Dalam menyongsong 1 Abad PSHT Pusat Madiun ini, lanjut Bambang, pihaknya berharap seluruh warga PSHT mampu mengevaluasi diri dan terus mendoakan para pejuang dan tokoh terdahulu. Serta mampu menjalankan visi dan misi organisasi PSHT itu sendiri.

“Salah satunya yakni menjadi pribadi yang memiliki budi pekerti yang luhur berguna bagi sesama, bangsa dan negaranya,” terangnya.

Sementara itu, Ketua panitia kegiatan Kirab Budaya PSHT Ranting Bawang Choiru Toriqin mengungkapkan serangkaian kegiatan menyongsong 1 Abad PSHT Pusat Madiun ini digelar dengan berbagai festifal seni dan budaya. Selain itu ada juga kegiatan bakti sosial ke masyarakat.

“Ada karnaval kirab budaya, tumpeng nasi, bantuan sosial untuk masyarakat. Semua pihak semua kami rangkul untuk mensuskeskan kegiatan ini. Acara hari ini adalah pembuka, jadi nanti juga akan ada kegiatan penghijauan serta aksi galang donor darah,” tandasnya. (Dye)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini