Soliditas dan Elektabilitas PDIP Tinggi Jadi Modal Besar Puan di Pilpres 2024

Puan Maharani Ketua DPR RI. ( foto ig @puanmaharaniri

SIGIJATENG.ID – Pengamat politik dari Universitas Muhammadiyah Bengkulu Surya Vandiantara menilai Ketua DPR RI Puan Maharani mempunyai peluang besar untuk diusung oleh partainya PDI-P sebagai calon presiden atau pun calon wakil presiden pada pemilihan presiden 2024 mendatang.

Meski elektabilitas Puan dalam berbagai survei saat ini masih relatif rendah, namun ia meyakini angka elektabilitas itu akan naik apabila putri Megawati Soekarnoputri itu sudah resmi dicalonkan.

“Siapapun calon yang diusung PDI-P di Pilpres 2024, baik itu capres maupun cawapres, hal yang pasti adalah elektabilitas PDI-P akan terkonversi dengan solid pada dukungan calon di pilpres,” kata Surya, Selasa (10/5/2022).

Menurut dia, hal itu bisa terjadi karena PDI-P saat ini masih menjadi partai politik yang paling banyak dipilih oleh masyarakat. Pemilih PDI-P pun diyakini akan solid mendukung siapapun tokoh yang dicalonkan oleh partai berlambang banteng.

“Dalam konteks inilah, Puan paling punya peluang untuk dicalonkan, baik dalam posisi capres maupun cawapres,” sambungnya.

Belum lagi soal fakta politik bahwa hanya PDI-P saja yang secara persyaratan bisa mengajukan pasangan calon di pilpres tanpa berkoalisi dengan partai lain. Partai pimpinan Megawati itu harusnya lebih leluasa untuk menentukan calon yang diusung.

“PDI-P tak perlu terjebak pada elektabilitas figur karena sebagai partai ideologis kepemimpinan nasional dituntun oleh garis perjuangan partai” kata Surya. (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini