Simak! Wilayah Jateng Berpotensi Cuaca Ekstrem Periode 8-10 Februari 2022, Berikut ini Prediksi Sebarannya

Ilustrasi Cuaca ekstrem (Foto : Pixabay.com)

Semarang (Sigi Jateng) – BMKG memprakirakan di periode 8-10 Februari 2022 terjadi adanya cuaca ekstrem potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sejumlah wilayah di Jawa Tengah.

Kepala Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Sutikno mengatakan, berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, diidentifikasi adanya potensi sirkulasi siklonik di selatan Jawa dapat membentuk pola pertemuan massa udara dan belokan angin di wilayah Jawa Tengah.

“Hal tersebut diperkirakan dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah. MJO yang berada pada kuadran 3 turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Senin 7 Februari 2022.

Wilayah yang diprediksi BMKG akan terjadi cuaca ekstrem periode 8-10 Februari 2022, sebagai berikut :

Tanggal 8 Februari 2022

Brebes, Tegal, Magelang, Pemalang, Kendal, Pekalongan, Semarang, Cilacap, Kebumen, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Temanggung, Purworejo, Wonogiri, Karanganyar, Boyolali, dan sekitarnya.

Tanggal 9 Februari 2022

Magelang, Klaten, Boyolali, Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Wonosobo, Brebes, Kebumen, Tegal, Pemalang, Kendal, Pekalongan, Temanggung, Purworejo, Semarang, Surakarta, Sukoharjo, Karanganyar, Sragen, Pati, Kudus, Jepara, dan sekitarnya.

Tanggal 10 Februari 2022

Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, dan sekitarnya.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode sepekan ke depan yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung.

Terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini