Simak Lima Jenis Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Jantung, Tapi Jangan Dilakukan Berlebih

Ilustrasi: Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Jantung. ( foto pixabay)

SIGIJATENG.ID – Inilah beberapa jenis olah raga yang tepat untuk menjaga kesehatan jantung.

Namun lakukanlah olah raga pas, jangan berlebih, termasuk olah raga dengan tujuan menjaga kesehatan jantung.

Menjaga kesehatan jantung diantaranya bisa dicapai dengan olah raga. Namun kamu juga jangan asal olah raga. Kalau jenis olah raganya tidak tepat malah bikin jantungmu sakit atau cedera.

Anda harus bisa memilah dan memilih jenis olah raga yang pas untuk menjaga kesehatan jantung. Selanjutnya, saat berilaha raga juga ukurannya harus pas, jangan berlebih.

Untuk mendapatkan apa yang diinginkan, kamu harus mengetahui jenis olahraga apa yang paling cocok dan dibutuhkan. Termasuk jika kamu berolaha raga untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Simak, inilah beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung dan meminimalkan risiko cedera, di antaranya;

Jalan santai

Jalan santai adalah aktivitas adalah akivitas yang murah, tidak butuh biaya. Memang sangat sederhana.

Meski terkesan sederhana, nyatanya jalan santai juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk jantung dan paru-paru.

Bahkan, sebuah penelitian di Amerika menyatakan bahwa tidak hanya baik untuk jantung, jalan santai juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan kadar kolesterol, dan mencegah stroke.

Angkat beban

Penelitian terbaru menyebutkan bahwa angkat beban juga dapat mencegah penyakit jantung dan stroke. Terlebih lagi, dengan melakukan olahraga ini, Anda tidak memerlukan waktu khusus untuk melakukannya. Hanya saja jika dilakukan secara rutin satu jam dalam seminggu dapat berdampak baik bagi kesehatan jantung. Namun juga jangan berlebih, karena bisa bikin badan sakit.

Yoga

Kamu juga bisa melakukan olah raga. Secara tidak langsung, yoga dapat mempengaruhi kesehatan jantung. Ini karena ada beberapa gerakan yoga yang bisa menjaga jantung dan paru-paru bekerja lebih maksimal.

Dari sekian banyak gerakan yoga, tentu ada yang secara khusus dapat memberikan manfaat bagi kesehatan jantung, seperti gerakan janu sirsasana, padangusthasana, hingga supta padangusthasana.

Renang

Berenang juga termasuk olah raga yang tidak mahal. Namun juga harus memiliki keahlian khusus. Jika tidak bisa berenang maka perlu berlatih.

Selain itu, berenang juga merupakan olahraga berisiko rendah yang bermanfaat untuk jantung yang lebih kuat. Dengan berenang detak jantung bisa lebih stabil. Terlebih lagi, latihan ini lembut pada persendian, tetapi sekaligus dapat membakar kardio.

Latihan interval (HIIT)

Latihan interval adalah latihan yang singkat tetapi dilakukan secara teratur atau dengan intensitas tinggi. Kemudian berolahraga lebih lama dengan intensitas yang lebih rendah. Olahraga ini bisa berupa lari di tempat atau push up.

Tapi yang penting, menjaga kesehatan tubuh adalah menjaga istirajat yang cukup. Biasakan jangan tidur terlalu malam. Idealnya, tidur malam dimulai paling lambat pukul 22.00 WIB. (asz)

Baca Berita Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here