Simak Kalau Anda Pemula di Dunia SEO, 10 Tools Ini Permudah Pekerjaan Anda

Tools SEMrush (foto tangkapan layar)

SIGIJATENG.ID – Sesuai namanya, SEO specialist merupakan pekerjaan yang berkaitan dengan dunia optimasi search engine atau mesin pencarian. Sederhananya, spesialis SEO bisa dikatakan sebagai seorang pakar SEO dan memiliki pengalaman dan skill khusus dalam hal internet marketing.

Bagi anda yang baru saja memulai pekerjaan menjadi SEO specialist, 10 tools di bawah ini akan mempermudah pekerjaan anda dan tentunya membuat pekerjaan anda jadi terasa cepat selesai.

  1. Google Search Console

Situs gratis dari Google yang satu ini berfungi untuk cek analytics website anda. Google Search Console akan memberi banyak insight atau data tentang web anda dan info soal kondisi site healthnya.

  1. SEMRush

SEMrush ini bisa disebut sebagai SEO all in one, mengapa? Karena di dalam situs ini anda bisa research keyword, analisis website dan analisis website kompetitor juga lho.

Banyaknya fitur yang bisa didapat dari satu tools membuat cukup banyak orang yang menggunakan SEMRush ini.

  1. Answer The Public

Website paling mudah dan sederhana untuk keyword research dan mencari ide konten. Pastinya anda tidak akan lagi kehabisan ide untuk membuat konten. Anda bisa menggunakan web ini untuk mencari tahu pertanyaan-pertanyaan apa yang sering orang tanyakan tentang suatu topik.

  1. Google Analytics

Google Analytics ini sudah cocok sekali digunakan jika ingin melihat analytics website. Salah satu fitur terbaiknya itu API access. Google Analytics juga bisa anda gunakan bersama Google Search Console agar bisa mendapatkan performa tools SEO yang paling maksimal.

  1. SEO Site Checkup

Web ini juga menawarkan beberapa fitur untuk analisis web, monitoring SEO, cek SEO website kompetitor, sampai menulis SEO reports lho!

  1. Google Trends

Google Trends ini bisa jadi titik awal untuk menentukan ide konten apa yang dapat anda kembangkan. Tools yang satu ini dapat anda gunakan untuk melihat topik apa saja yang sedang trending di Internet dan di seluruh dunia.

  1. Google Tag Manager

Tools gratis lain dari Google yang membantu memudahkan pengelolaan hashtag di website. Ini digunakan untuk tracking aktivitas-aktivitas yang dilakukan user di web anda.

  1. Ahrefs

Salah satu SEO tools yang digunakan oleh banyak orang. Fitur terbaiknya Ahrefs akan menandai bagian mana saja di website anda yang bisa diperbaiki agar jadi lebih baik supaya rank website anda di halaman pencarian juga bisa jadi lebih tinggi.

  1. Screaming Frog

Ini tools yang akan memberi tahu anda jika anda punya link yang tidak berfungsi, error, atau ada konten yang terduplikat, wah anda jadi tidak perlu lagi khawatir dengan keamanan website anda.

  1. BuzzSumo

Website ini cocok digunakan kalau anda ingin research infleuncer-influencer di suatu bidang tertentu. Bisa cek followers atau subscirbers mereka, dan juga cara untuk kontak mereka. Komplit sekali bukan?

Yang pasti tools yang direkomendasikan di atas itu gratis, anda hanya perlu mengaksesnya dengan jaringan internet yang stabil. (akhida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here