Simak! Bangun Strategi Penjualan yang Efektif dengan Cara Berikut Ini!

Ilustrasi Foto : unsplash

SIGIJATENG.ID – Strategi penjualan didefinisikan sebagai rencana terdokumentasi untuk memposisikan dan menjual produk atau layanan kepada pembeli. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan tujuan dan panduan yang jelas kepada tim sales atau marketing.

Sebagian besar isi rencana ini bermanfaat untuk mengkomunikasikan tujuan dan mencapai target dari setiap tenaga penjualan. Biasanya, rencana ini berisi tujuan pertumbuhan, KPI, persona pembeli, proses penjualan, dan metodologi penjualan.

Nah, tidak hanya itu saja. Diperlukan juga beberapa hal untuk mendorong strategi penjualan yang dibuat berhasil. Berikut di antaranya:

  1. Bangun pesan yang kuat
    Sebagian besar calon pembeli tidak memahami apa yang disampaikan oleh sales. Jadi, untuk memenangi pasar, strategi yang akan dibuat harus benar-benar membuat calon pembeli merasa perlu.

Salah satu cara agar diingat adalah dengan membuat strategi pemasaran yang kuat dan persuasif. Riset Forrester menemukan bahwa 74 persen pembeli akan menggunakan produk yang mereka terus ingat, dibanding penjual yang lain.

  1. Ubah cara pikir pembeli
    Sebagian besar perusahaan secara tidak sadar memposisikan diri mereka untuk keunggulan atas kompetitor. Menurut Tim Riesterer, Chief Strategy Officer dari Corporate Visions, dengan melakukan itu, mereka justru melakukan langkah mundur.

Mayoritas pembeli lebih memilih sesuatu tanpa alasan. Menurut Riesterer, 60 persen orang memutuskan untuk membeli suatu produk tanpa alasan yang jelas. Lantas bagaimana? Riesterer mengatakan bahwa jika ingin menciptakan perbedaan, buat perbedaan yang besar.

  1. Bercerita, bukan berjualan
    Strategi penjualan adalah rencana berulang yang digunakan tenaga penjual untuk membuat pembeli membeli produk atau layanan mereka. Biasanya, rencana ini melibatkan beberapa langkah seperti pencarian calon pembeli hingga pembeli memutuskan sesuatu.

Karena strategi penjualan adalah proses yang berulang, cobalah untuk menjadi berbeda, salah satunya adalah menggunakan cerita sebagai strategi untuk menarik pembeli. Buat strategi yang mengedepankan kalimat persuasif dan relevan dengan pembeli, bukan yang lain.

  1. Riset dan Evaluasi
    Di era digital dan perkembangan internet saat ini sangat mudah bagi anda untuk mengakses informasi yang berguna untuk meningkatkan penjualan. Bisa jadi ada cara baru yang belum anda terapkan dalam strategi penjualan.
    Lakukanlah evaluasi terhadap cara yang anda pernah lakukan sebelumnya. Apakah cara tersebut berhasil? Apakah tenaga, waktu, dan pikiran dalam menyusun strategi tersebut seimbang dengan apa yang dihasilkan?

Kunci dari naiknya tingkat penjualan adalah konsisten dalam menjalankan usaha dan yakin bahwa produk yang anda jual memiliki nilai unik tersendiri. (akhida)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini