Simak! Bahaya Terpapar Blue Light Terlalu Lama, Berikut Ini Dampaknya

Ilustrasi Gadget. Foto : unsplash

SIGIJATENG.ID – Blue light adalah cahaya yang dihasilkan dari perangkat elektronik. Cahaya ini bermanfaat pada siang hari namun akan mengganggu jika terpapar blue light di malam hari.

Dikutip dari Sleep Foundation, cahaya terdiri dari radiasi elektromagnetik di mana radiasi ini merupakan bentuk energi tidak terlihat. Mata kita menafsirkan warna cahaya berdasarkan jumlah kandungan energinya atau radiasi yang ditimbulkan.

Contohnya, cahaya matahari adalah white light yang merupakan kombinasi dari semua warna spektrum cahaya yang terlihat.

Blue light adalah bagian spektrum cahaya yang memiliki dampak atau efek unik pada rasa waspada, produksi hormon, dan siklus tidur.

Blue light sendiri dihasilkan atau dipancarkan dari banyak perangkat elektronik seperti handphone, laptop, dan TV serta lampu LED juga neon.

Intensitas penggunaan perangkat-perangkat di atas membuat paparan terhadap blue light, terutama saat malam hari, terus meningkat.

Pengaruh blue light pada jam tidur juga ada lho. Studi tentang blue light dari National Institute of Health menjelaskan bahwa paparannya di malam hari bisa mengganggu siklus tidur-bangun alami.

Tubuh kita memiliki jam internal yang berhubungan dengan circadian rhythm untuk mengatur waktu tidur. Circadian rhythm ini membutuhkan sinyal dari lingkungan luar atau eksternal terutama saat siang dan malam hari sebagai penyesuaian diri.

Cahaya matahari mengandung sejumlah paparan blue light yang bermanfaat untuk meningkatkan mood dan semangat anda di siang hari. Namun, penggunaan lampu tidur dan perangkat elektronik di malam hari dengan jumlah besar adalah penyebab jam internal anda terganggu.

Healthline juga mengutip bahwa saat malam hari, kelenjar pineal akan mengeluarkan hormon melatonin yang membuat anda lelah dan mengantuk.

Blue light akan menghambat produksi melatonin, sehingga jika anda terpapar blue light secara terus-menerus maka akan mengurangi kuantitas dan kualitas tidur.

Bagaiaman cara mengatasi dan melindungi diri dari blue light? Anda bisa coba meredupkan lampu LED serta mematikan perangkat elektronik menjelang jam tidur.

Masih dilansir dari Harvard Health Publishing, berikut adalah hal yang bisa anda lakukan untuk melindungi diri dan melindungi siklus tidur dari blue light:

  1. Gunakan lampu merah redup sebagai lampu tidur. Lampu ini tidak akan memengaruhi circadian rhythm dan produksi melatonin.
  2. Hindari paparan layar terang dari dua hingga tiga jam sebelum waktu tidur.
  3. Jika anda bekerja pada malam hari, pertimbangkan untuk menggunakan kacamata pelindung blue light.
  4. Gunakan tinted glass atau pelindung layer berwarna gelap untuk gadget anda yang bisa memblokir blue light sehingga otak tidak mendapatkan sinyal yang membuat kamu terjaga.
  5. Tingkatkan paparan cahaya terang pada siang hari saja. Hal ini akan membantu kamu cepat mengatuk di malam hari.
  6. Buat kamar anda segelap mungkin sebelum tidur atau gunakan masker penutup mata.
  7. Gunakan aplikasi yang bisa menyesuaikan cahaya layar saat malam hari.

Paparan yang berlebihan dari blue light akan berpengaruh signifikan terhadap siklus tidur dan bangun anda sementara tidur cukup adalah pilar penting untuk kesehatan. Anda bisa terapkan cara mengatasi paparan blue light di atas agar tetap memiliki tidur yang berkualitas. (akhida)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini