Sidak SPBU, Ganjar Terkejut Bertemu Seorang Bankir Tapi Belinya BBM Subsidi

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo lakukan sidak SPBU rest Area 379A, ruas tol Batang-Semarang di sela perjalanan pulang dari kunjungan kerja di Kota Pekalongan, Rabu (7/9/2022). Foto : Humas Pemprov Jateng

Batang (Sigijateng.id) – SPBU Rest Area 379A yang berada di ruas tol Batang-Semarang, menjadi sasaran inspeksi mendadak yang dilakukan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai perjalanan pulang dari kunjungan kerja di Kota Pekalongan, Rabu (7/9/2022).

Hal itu dilakukan orang nomor satu di Jawa tengah tersebut menyusul pasca pemerintah telah menaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Ganjar mengatakan dari sisi pasokan BBM sejauh ini masih bagus di SPBU tersebut.

Dirinya juga menyayangkan ada masyarakat kategori mampu yang masih membeli BBM bersubsidi. “Kalau dari sisi pasokan bagus, tetapi kita lihat tadi orang-orang mampu belinya juga pertalite. Padahal kita tahu itu seharusnya untuk yang tidak mampu,” kata Ganjar usai sidak.

Hal itu diketahui Ganjar saat berdialog dengan masyarakat yang mengisi BBM di SPBU Rest Area 379A tol Batang-Semarang. Awalnya, Ganjar yang hendak pulang ke Semarang mendadak berhenti di SPBU. Ia kemudian turun dan mendekati petugas SPBU yang sedang melayani konsumen.

Kepada petugas SPBU Ganjar sempat menanyakan mengenai pasokan bahan bakar. Lalu mengenai perbedaan antrian konsumen, antara sebelum dengan sesudah kenaikan harga BBM pada 3 September lalu. Petugas itu menjelaskan jika tidak ada perbedaan yang signifikan.

Setelah itu Ganjar mencoba berdialog dengan pembeli. Salah satu pembeli yang diajak dialog diketahui sedang membeli bahan bakar bersubsidi (pertalite). Saat ditanya mengenai pekerjaan, ternyata ia seorang bankir.

Sontak hal itu membuat politikus partai PDI Perjuangan ini pun terkejut dan langsung memintanya untuk beli bahan bakar nonsubsidi atau Pertamax.

“Maka tadi kita ajak bagi yang mampu belinya Pertamax. Masak ada bankir tadi mau piknik, artinya orang yang berkemampuan, handphone-nya juga bagus-bagus, belinya pertalite. Belilah yang tidak bersubsidi, sehingga kita bisa berbagi dengan masyarakat lain,” tegas Ganjar.

SPBU Rest Area 379A bukan SPBU pertama yang disidak Ganjar pasca kenaikan harga BBM. Sebelumnya ia pernah mengecek SPBU saat melawat ke Rembang. Setelah itu saat olahraga pada hari Rabu (7/9/2022) pagi Ganjar juga sempat mengecek SPBU di Jalan Veteran Kota Semarang.

“Prinsipnya hampir semua SPBU yang kemarin kita cek sampai dengan hari ini, alhamdulilah suplainya lancar, dan antrenya tidak panjang,” tandasnya. (Red)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini