Sidak Pasar Sukorejo Kendal Borong Minyak Goreng, Mendag Zulhas Diserbu Emak-emak

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan blusukan ke Pasar Tradisional Sukorejo Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Kamis (29/12/2022). Foto : Vian / sigijateng.id

Kendal (sigijateng.id) – Pastikan harga dan ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat stabil, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyambangi Pasar Tradisional Sukorejo Jalan Sudagaran Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Kamis (29/12/2022).

Kehadirannya di pasar tradisional tersebut, Mendag Zulhas langsung menemui sejumlah pedagang untuk mengetahui kondisi kebutuhan pokok masyarakat. “Semua stabil, harganya juga murah. Ketersediaan barang tercukupi dengan baik,” ujarnya kepada awak media.

Zulhas menyebut jika harga minyak goreng yang dijual para pedagang juga sesuai dengan HET. Dia pun langsung memborong puluhan botol minyak kemasan (Minyakita-Red) lalu dibagi-bagikan ke para pembeli yang kebanyakan ibu-ibu.

“Harganya sesuai dengan HET. Harga beras juga stabil dan aman. Saya pastikan semua kebutuhan pokok stabil dan ketersediaannya juga ada, jadi tidak khawatir kelangkaan stok,” ucap Zulhas.

Mendag juga menjelaskan, tingkat inflasi relatif terkendali menjelang Natal dan tahun baru. Inflasi umum tercatat melandai dari 5,71 persen pada Oktober menjadi 5,42 persen pada November. “Alhmadulilah semua harga barang kebutuhan pokok, murah dan aman,” ujarnya.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan blusukan ke Pasar Tradisional Sukorejo Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Kamis (29/12/2022). Foto : Vian / sigijateng.id

Zulhas meminta pemerintah daerah turun tangan jika terjadi kenaikan harga pangan lebih dari lima persen dari harga acuan di wilayahnya. Intervensi itu dilakukan melalui subsidi biaya transportasi angkut maupun subsidi harga.

Nampak terlihat juga di Pasar Sukorejo Kendal, Wabup Kendal Windu Suko Basuki bersama Ka Dinas Perdagangan Kendal Ferinando Rad Bonay turut mendampingi Mendag Zulhas yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional.

Wabup  Kendal Windu Suko Basuki mengatakan harga kebutuhan pokok masyarakat stabil hingga pergantian tahun 2023 besok. Dinas perdagangan Kendal selalu memantau dengan intens harga yang terjadi di lapangan. Terlebih tingkat inflasi relatif terkendali menjelang Natal dan tahun baru.

Wabup Kendal Windu Suko Basuki bersama Kadinas Perdagangan Kendal Ferinando Red Bonay yang turut mendampingi Mendag Zulhas. Foto : vian/sigijateng.id

“Saya yakin hingga di akhir tahun 2022 dan pergantian tahun 2023 nanti tidak ada lonjakan-lonjakan harga kebutuhan pokok masyarakat. Semua aman dan stabil serta tercukupi,” kata Wabup yang akrab disapa Pakdhe Bas ini.

Sementara itu, Inayah (58) salah seorang pedagang mengaku sering kekurangan stok minyak goreng lantaran tingginya permintaan pembeli. Hampir setiap hari selalu kehabisan begitu stok ada. “Ini saja dapat kemarin sore, alhamdulilah langsung habis di borong pak Menteri Zulhas,” ujar warga Tlangu Sukorejo ini.

Seorang warga yang mendapatkan minyak gratis dari Mendag Zulhas mengaku gembira dan tak menyangka bisa bertemu. “Senang sekali dapat minyak goreng gratis dari pak Menteri. Baru kali ini ketemu dengan pak Zulhas,” ujar Yustini (56) warga Sapen Sukorejo Kendal. (Red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini