Siapkan DAK Rp7 Miliar, Perbaikan Jalan Tembus Limbangan-Singorojo Dikerjakan

Sepanjang 2,8 kilometer jalan tembus Limbangan - Singorojo, Kabupaten Kendal kondisinya rusak parah. Foto :Diskominfo Kendal

Kendal (Sigijateng.id) – Pemerintah Kabupaten Kendal menyiapkan anggaran senilai Rp7 miliar bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) r eguler untuk memperbaiki sepanjang 2,8 kilometer jalan tembus Limbangan – Singorojo, Kabupaten Kendal yang kondisinya rusak parah.

Kerusakan parah ada di wilayah Desa Kedungboto, Limbangan dan Desa Cening, Singorojo. Selain melakukan pengecoran badan jalan, Pemerintah Kendal melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) juga menangani longsoran, talut, dan jembatan.

Jalur penghubung atau jalan tembus kecamatan Limbangan dan Singorojo bakal mulai dikerjakan. Ditargetkan pada tahun ini bisa menyelesaikan 8-9 persen, sisanya ditangani pada tahun 2023 mendatang.

Bupati Dico M Ganinduto mengatakan, perbaikan jalan penghubung Limbangan dan Singorojo ini bagian dari penyelesaian sisa 13 persen jalan kabupaten yang belum tertangani.

“Tahun ini kami kebut kembali perbaikan jalan. Targetnya, 2023 mendatang semua jalan kabupaten sudah terselesaikan. Ini kewajiban saya menyelesaikan semua infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat,” kata Dico.

Bupati Dico M Ganinduto saat meninjau jalur penghubung kecamatan Singorojo dan Limbangan beberapa hari lalu. Foto:Diskominfo Kendal

Dikatakan kondisi jalan yang melintasi dua desa tersebut, kata Dico, memang kondisinya rusak parah. Dia meminta jajaran dinas terkait agar perbaikan dilakukan menyeluruh, mulai dari penanganan longsor, tanah yang bergerak, badan jalan, gorong-gorong, dan jembatan.

Dico menegaskan semua pihak memantau terus pekerjaan ini agar sesuai dengan yang diharapkan. Masyarakat juga diminta untuk mengawasi proses perbaikan, dan tidak sungkan melaporkan kepada bupati jika ditemukan hal-hal yang tidak sesuai dengan perencanaan.

“Nantinya setelah jalan selesai dibangun, bisa menjadi harapan baru bagi warga sekitar untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Serta mengangkat nilai ekonomi masyarakat, sehingga warga sekitar lebih maju,” harapnya.

Akses jalan tersebut, lanjut Dico,  merupakan kebutuhan bagi masyarakat sehari-hari. Jika kondisi infrastruktur jalan baik, maka segala kebutuhan baik dalam hal pendidikan, kesehatan, maupun kebutuhan sehari-hari akan sangat mudah dilakukan warga.

“Perbaikan infrastruktur jalan ini menjadi perhatian pemerintah daerah, tahun ini sampai 2023 akan kami selesaikan semua,” kata Dico berjanji.

Sementara Kepala DPUPR Kendal, Sugiono menyampaikan bahwa, perbaikan jalan di Kedungboto dan Cening itu mulai dikerjakan pada awal Juni dan ditarget rampung pada akhir November 2022 mendatang.

Anggaran senilai Rp 7 miliar dari DAK Reguler bakal dimaksimalkan untuk memperbaiki badan jalan, jembatan, hingga lampu penerang jalan. Pihaknya juga bakal menggarap serius dua titik lokasi yang mengalami longsor hingga menyebabkan jalan terputus.

“Penanganan badan jalan dengan cor, pondasinya dikerjakan dengan mekanisme bor pile, talut beton, pemasangan PJU di 17 titik, dan pemasangan gorong-gorong di 10 lokasi. Kami tangani dengan serius, karena kondisi tanah wilayah sekitar labil, ketika waktu kemarau jadi keras, dan waktu hujan kondisi tanah jadi lunak,” tandasnya. (Red)

Berita terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini