Siapa Saja Penghuni Surga? Simak Penjelasan Buya Yahya Berikut!

Siapa Saja Penghuni Surga? Simak Penjelasan Buya Yahya Berikut! (foto : Thumbnail Youtube Al Bahjah TV)

SIGIJATENG.ID – Sebagai seorang muslim, tentu kita ingin masuk surga di akhirat kelak.

Dilansir dari UIN Banten, Surga adalah ganjaran yang luar biasa yang disediakan Allah Swt. untuk hamba-hamba yang dicintai-Nya dan yang taat kepada-Nya. Surga adalah tempat yang penuh dengan kesenangan dan kenikmatan tanpa ada yang dapat mengurangi dan mengusik kesuciannya.

Untuk itu, kita diharuskan menjalankan kewajiban sebagai seorang muslim dan menjauhi larangan-larangan yang telah ditetapkan dalam islam.

Lantas, apakah surga hanya dihuni oleh orang-orang taqwa saja? siapa saja yang bisa masuk surga? simak penjelasan Buya Yahya berikut ini.

Melalui salah satu kajian yang diunggah di kanal YouTube Al-Bahjah TV, pendakwah karismatik Buya Yahya pernah menjelaskan perihal siapa saja penghuni surga.

Buya Yahya menjelaskan bahwa ahli surga dihuni oleh bermacam-macam orang.

“Ahli surga itu macam-macam, ahli surga itu di dalamnya macam-macam, bukan orang alim saja, bukan orang yang alim ilmu agama saja, ternyata raja juga ada di surga,” jelas Buya Yahya, dikutip SIGI JATENG, Kamis (1/12/22).

“Termasuk surganya tinggi Raja Daud, Raja Sulaiman, pengusaha-pengusaha hebat Abdurrahman bin Auf yang diberi kabar gembira oleh Rasulullah bahwa ia termasuk ahli surga,” tambah Buya Yahya.

Kemudian Buya menerangkan, Allah SWT telah menyiapkan surga untuk siapa saja orang yang bertakwa.

“Artinya kita harus sadar bahwa surga itu dipersiapkan Allah untuk semua yang bertaqwa, bukan hanya disiapkan untuk ahli tafsir, bukan disiapkan untuk ahli hadits tetapi disiapkan untuk orang yang bertaqwa.” terang Buya.

Taqwa, jelas Buya Yahya, berada di dalam hati dan terpenting hati tetap terus mengenal Allah.

“Taqwa ini yang harus kita pahami, taqwa itu kata Nabi adanya di dalam hati, bajunya pun macam-macam maka dia pun bertaqwa jadi apapun dia,” ungkap Buya.

“Kalau dia menjadi pengusaha yang bertaqwa, usaha bisa sukses bahkan boleh bercita-cita menjadi orang terkaya di dunia tetapi yang penting hatinya ini, hatinya kenal Allah,” lanjutnya.

Selain itu, Buya juga mencontohkan bahwa seorang ahli ilmu dunia pun selama hatinya kenal Allah maka bisa saja menjadi penghuni surga.

“Dalam dunia akademi, dia menjadi seorang ahli dalam bidang apapun dengan ilmu dunia kalau memang hatinya kenal Allah pasti bermanfaat,” kata Buya.

Terang Buya, melanjutkan bahwa surga itu diciptakan untuk orang-orang yang bertaqwa.

“Kita saat ini perlu nyambung kepada Allah hati kita, jadi apapun Anda. Surga itu untuk orang bertaqwa,” papar Buya.

Pada hakekatnya, manusia diciptakan mempunyai tujuan untuk melestarikan semesta atau khalifah di muka bumi.

“Dan kalau kita kembali kepada misi besar kakek kita diturunkan ke bumi, Allah berfirman ‘Aku akan jadikan di muka bumi khalifah’ pelestari semesta, khalifah yang melestarikan semesta yaitu bapak kita Nabi Adam itu artinya punya fungsi yang bisa melestarikan semesta.” jelas Buya

“Ilmu agama iya, tetapi ilmu pertanian, ilmu lainnya dan seterusnya,” ungkap Buya.” sambungnya.

Tak hanya itu, Buya menjelaskan bahwa Allah Maha Kasih dan membekali semua orang untuk menuju surga.

“Jadi yang penting itu ternyata sadar bahwa Allah itu Maha Kasih, surga itu dipersiapkan untuk siapa saja. Allah Maha Kasih dan Allah pasti membekali semua hambanya untuk menuju surga Allah, semuanya, tidak ada yang tidak dibekali. Hanya kadang kita tidak sadar bekal Allah yang diberikan kepada kita,” ujarnya.

Pintu surga itu, ungkap Buya, telah Allah berikan kepada semua orang.

“Jadi ibaratnya sederhananya pintu surga itu ada, masing-masing kita diberi Allah pintu surga. Maka masukilah pintu surgamu jangan mengintip pintu surga orang lain.” kata Buya (dimas)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini