Seribu Seniman Jaranan dan 30 Grup Karawitan Akan Tampil Serentak di Arena CFD Simpang Lima Semarang, Simak Tanggalnya

Seribu Seniman Jaranan dari berebagai Desa Tampil di Arena CFD Simpang Lima Semarang. ( foto jatengprov.go.id)

SEMARANG (sigijateng.id) – Ribuan seniman jaranan dan 30 grup karawitan dari berbagai daerah di Jawa Tengah akan tampil serentak dalam pertunjukan spektakuler di arena Car Free Day (CFD) Lapangan Pancasila, Simpang Lima Kota Semarang, Minggu (14/8) pagi.

Terdata 1050 seniman berbagai desa di Jawa Tengah, terdiri dari 450 penari jaranan dan 600 pengrawit bakal memeriahkan acara ini.

Penampilan seribuan seniman tersebut adalah dalam rangka merayakan peringatan Hari Ulang Tahun ke-72 Provinsi Jawa Tengah itu.

Acara yang didukung oleh Bank Jateng dan Purnomo Yusgiantoro Center itu juga dimeriahkan dengan penampilan ribuan siswa SMA/SMK yang ikut menari flashmob jaranan bersama para seniman.

“Acara di Simpang Lima Minggu besuk bertajuk Gamelan Kolosal. Sebuah pertunjukan seni tradisional yang mempertontonkan alunan musik gamelan ditambah penampilan ciamik para penari jaranan. Ada 30 group gamelan dan penari jaranan yang akan tampil bersama,” kata Agung Wahyu Utomo, Pimpro Gamelan Kolosal saat dikonfirmasi, Sabtu, (13/8).

Seniman Desa

Agung menerangkan, semua seniman yang akan tampil di Simpang Lima besok adalah seniman desa. Mereka begitu antusias ingin tampil dan ikut memeriahkan HUT Jateng sebagai bentuk ucapan terimakasih atas perhatian Pemprov Jateng khususnya Ganjar Pranowo dalam pelestarian kebudayaan. Sebab selama ini, hampir semua desa di Jateng mendapatkan bantuan seperangkat gamelan perunggu dari Gubernur Jawa Tengah itu.

“Ini yang datang baru 30 grup, sebetulnya masih banyak lagi yang kepengin hadir dan merayakan karena desa yang dibantu pak gubernur kan ada ribuan ya, tapi terkendala mepetnya persiapan,” terangnya.

Tak hanya seniman dari Jawa Tengah, pada acara itu juga akan tampil beberapa seniman tradisional Jawa dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka tampil secara streaming dan disiarkan saat acara.

“Ada dari Sumut, Sumsel, Jambi dan daerah-daerah lain di Indonesia. Mereka ingin ikut memeriahkan hari jadi Jateng ini dengan menampilkan seni tradisional Jawa di daerahnya masing-masing,” imbuh Joko Setiyono dan Ahmad Alfan Riska selaku koreografer dan komposer Gamelan Kolosal.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dijadwalkan akan hadir dalam acara itu. Ganjar juga mengajak semua masyarakat untuk datang dan meramaikan acara Gamelan Kolosal di Simpang Lima tersebut. (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini