Sepanjang 2021 Ada 364 Teroris Ditindak, BNPT Sebut 16 Diantaranya Terafiliasi Ormas Terlarang FPI

Kepala BNPT Boy Rafli Amar saat menyampaikan paparannya dalam rapat kerja bersama Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (25/1/2022). (Foto : Ist-Dok.sigijateng)

Jakarta (Sigi Jateng) – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mencatat, sepanjang 2021, pihaknya bersama dengan Densus 88 Antiteror Polri menindak 364 pelaku terorisme. Data ini, diambil dari 1 Januari hingga 15 Desember 2021.

Dari jumlah tersebut, 16 di antaranya terafiliasi dengan organisasi yang sudah dinyatakan terlarang oleh pemerintah, yakni FPI.

“Sepanjang tahun 2021, di mana ada irisan kerja sama dalam konteks penindakan, terdiri dari 2 unsur tentunya penyelidikan dan penyidikan,” kata Kepala BNPT Boy Rafli Amar saat menyampaikan paparannya dalam rapat kerja bersama Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (25/1/2022).

“Dalam penyelidikan, BNPT ikut serta dengan Satgas Densus, namun dalam penyidikan itu dilaksanakan oleh Densus 88. Dalam hal ini telah bersama dilakukan penindakan terhadap 364 orang,” sambungnya.

Boy pun memerinci, dari jumlah tersebut, yang dilakukan pemeriksaan dan lanjut ke penyidikan ada sebanyak 332 orang, dilimpahkan ke penuntut umum ada sebanyak 3 orang, meninggal dunia ada 13 orang, dan dipulangkan ada sebanyak 16 orang.

“Di antaranya mereka terafiliasi dengan kelompok yang sudah dinyatakan terlarang, yaitu 178 orang ke JI (Jamaah Islamiyah), 154 ke JAD (Jamaah Ansharut Daulah), dan 16 orang terafiliasi Mujahidin Indonesia Timur yang terpusat di Poso, Sulawesi Tengah, dan 16 lainnya juga terafiliasi dengan ormas yang telah dinyatakan dilarang oleh pemerintah, yaitu Front Pembela Islam (FPI),” ungkapnya.

Dikatakan, pihaknya terus memantau beberapa kelompok radikal yang merupakan kepanjangan tangan dari jariangan teroris global, seperti Jemaah Islamiyah terafiliasi dengan Al Qaedah dan Jemaah Ansharut Daulah serta Jemaah Ansharut Khilafah terkait dengan pergerakan ISIS.

“Demikian juga Mujahidin Indonesia Timur yang berada terpusat di Poso, hari ini, masih tersisa 3 yang masih dalam pengejaran petugas kita,” pungkasnya. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini