Selama Libur Nataru PT KAI Batalkan 9.000 Tiket Kereta, Mayoritas Penyebabnya Karena Ini

Ilustrasi – Suasana penumpang kereta di salah satu stasiun KA. (Foto : Humas PT KAI)

Jakarta (Sigi Jateng) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) membatalkan 9.000 tiket di masa libur Nataru. Hal itu dilakukan dalam rangka menerapkan persyaratan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan Pemerintah yang berlaku mulai 24 Desember 2021 sd 2 Januari 2022 lalu.

Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, pembatalan tiket tersebut karena tidak memenuhi persyaratan pemerintah yang sesuai dengan Surat Edaran SE Kemenhub Nomor 112 mulai dari bukti vaksin hingga tes PCR.

“PT KAI Daop 1 Jakarta mencatat sekitar 9.000 pembatalan tiket dengan rincian pembatalan di Stasiun Pasar Senen sekitar 5.000, di Stasiun Gambir 2.000 dan sekitar 2.000 pemberangkatan dari Stasiun Bekasi, Karawang dan Cikampek,” kata Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangan resminya, Selasa (4/1/2022).

Pembatalan tiket tersebut karena tidak memenuhi persyaratan sesuai SE Kemenhub Nomor 112, yang diantaranya tidak memiliki bukti Vaksin lengkap (dosis 1 dan 2) hingga tes PCR.

“Jadi untuk usia di atas 17 tahun, atau dosis pertama untuk usia 12 sampai dengan 17 tahun, tidak memiliki berkas hasil negatif RT- PCR bagi anak di bawah 12 tahun atau berkas pemeriksaan Antigen negatif untuk usia 12 tahun keatas,” paparnya.

Penumpang dengan persyaratan tidak lengkap tersebut tidak diperkenankan melanjutkan perjalanan dan bea tiket dikembalikan penuh dengan mekanisme pembatalan dilakukan selambatnya 3 hari dari tanggal keberangkatan (H+3).

“Proses pengembalian bea tiket dapat dilakukan melalui loket Stasiun dengan pengembalian tunai di hari yang sama atau melalui Contact Center (CC) 121 dengan proses 14 hari kerja menggunakan sistem transfer Bank,” pungkasnya.

Untuk catatan, Informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Sosial media @keretaapikita @kai121. (Dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini