Sekolah Jurnalistik PWI Jateng Diikuti 325 Mahasiswa FH Unissula

Ilustrasi: Kampus Fakultas Hukum Unissula. ( foto dok unissula)

SEMARANG (sigijateng.id) – Sebanyak 325 mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang mengikuti program sekolah jurnalistik yang diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jateng.

Pembukaan Sekolah Jurnalistik dilakukan secara virtual, Jumat (26/08/2022).

Ketua PWI Provinsi Jateng Amir Machmud NS dalam sambutan pembukaan pelatihan mengatakan, keterampilan menulis artikel atau jurnalistik yang diperoleh para peserta akan menjadi faktor pembeda dari lulusan jurusan lain atau dari perguruan tinggi lainnya.

“Dengan keterampilan jurnalistik itu, mereka bakal memiliki kepekaan atas peristiwa dan isu yang berkembang di masyarakat,” katanya.

Kepekaan tersebut bisa dituangkan dalam tulisan atau artikel di media. Bahkan jurnal akademik. Pelatihan tersebut membekali mahasiswa FH Unissula yang segera lulus dengan keterampilan menulis yang juga bermanfaat dalam dunia kerja.

“Mereka akan menjadi lulusan yang mantap dan mampu mendokumentasi atas peristiwa-peristiwa di masyarakat. Ini menjadi jejak sejarah,” kata Amir.

PWI Jateng akan terus berkreasi, mencari model dan modul yang efektif agar pelatihan tersebut memberi manfaat bagi FH Unissula dan mahasiswa.

“Mahasiswa harus gembira mengikuti pelatihan jurnalistik. Harus pula memiliki renjana karena itulah modal penting untuk menulis,” katanya.

Kepala Sekolah Jurnalistik PWI Jateng, Solikun menyatakan pelatihan jurnalistik FH Unissula ini diikuti 325 peserta yang dibagi tiga kelas. Pemateri pelatihan tersebut Widiyartono, Achmad Zaenal M., Sosiawan, dan Setiawan Hendra Kelana, yang semuanya wartawan dan pengurus PWI Jateng.

Pelatihan kali kini merupakan angkatan ke-14 sejak diselenggarakan pada 2016. Lebih dari 2.000 mahasiswa FH Unissula lulus pelatihan tersebut.

Wakil Dekan II Unissula Semarang Dr Arpangi menyatakan pelatihan jurnalistik sebagai penting karena keterampilan tersebut memberi nilai tambah bagi lulusan yang tidak dimiliki lulusan jurusan dan PT lain.

Pembekalan keterampilan tersebut juga kian memperkokoh FH Unissula yang berakreditasi unggul untuk Program S-1, S-2, dan Magister Kenotariatan. Adapun Program Doktor berakreditasi A.

Bukti keunggulan tersebut juga ditunjuknya mahasiswi FH Unissula untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Badan Pangan Dunia (FAO) di Roma, Italia, pada 27 Agustus 2022.

“Tadi malam (25/8) Aisyah Amini, mahasiswa FH Unissula, bertolak ke Roma,” ujar Arpangi. (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini