Sebelum Hadiri HPN 2022 di Kendal, Ganjar Kunjungi Pondok Kalijaran dan Ziarah Makam Mbah Hisyam di Purbalingga

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat berkunjung ke Pondok Kalijaran dan Ziarah Makam Mbah Hisyam di Purbalingga, Sabtu (19/2/2020) siang ( foto humas pemprov jateng)

PURBALINGGA (sigijateng.id) – Sebelum Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menghadiri acara puncak Hari Pres Nasional (HPN) tahun 2022 tingkat provinsi Jawa Tengah di Kendal pada Sabtu (19/2/2022) malam, siangnya melakukan kunjungan ke Purbalingga.

Gubernur Ganjar Pranowo berkunjung Pondok Pesantren Sukawarah Roudlotus Sholichin Sholichat di Desa Kalijaran, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Purbalingga.

Gubernur Jateng saat menyalami santri Pondok Pesantren Sukawarah Roudlotus Sholichin Sholichat di Desa Kalijaran, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Purbalingga, Sabtu (19/2/2020) siang ( foto humas pemprov jateng).

Pondok memiliki arti tersendiri bagi Ganjar. Bagi dia, Pondok Pesantren Sukawarah Roudlotus Sholichin Sholichat seperti rumah kedua dia. Setiap ada kegiatan di Purbalingga, Ganjar hampir selalu menyempatkan diri berkunjung.

Apa istimewanya Pondok Pesantren Sukawarah Roudlotus Sholichin? Ternyata pondok ini didirikan oleh kakek mertua Ganjar Pranowo, atau kakek dari Siti Atikoh istri Ganjar Pranowo, yakni KH Hisyam Abdul Karim. Sebuah pondok sekaligus pusatnya laskar santri melawan penjajahan Belanda.

“Ini keluarga sebenarnya. Kemarin kebetulan (salah satu saudara) om meninggal dan baru bisa takziyah hari ini. Sekaligus mampir karena di sini ada makam keluarga dari istri dan di sini juga keluarga besar istri lahir. Simbah (KH Hisyam Abdul Karim) dulu yang mendirikan pondok ini,” kata Ganjar, Sabtu (19/2/2022).

Setiap kali Ganjar berkunjung ke Ponpes Roudlotus Sholichin Sholichat selalu saja ada yang membuatnya merasa senang dan bangga. Tentu saja karena ponpes yang dirintis oleh Kiai Hisyam itu terus berkembang di bawah asuhan anak-cucunya.

“Keluarga dari ayah mertua hanya tinggal om yang paling bungsu, sekarang yang mengasuh pesantren ini. Hari ini anak cucunya mulai mencoba mengembangkan kawasan pondok seperti yang ini ada gedung baru, santri sudah mulai tambah, Madrasah Aliyahnya sudah ada,” ungkapnya.

Seperti kunjungan-kunjungan sebelumnya, Ganjar selalu berziarah ke makam Mbah Hisyam. Setelahnya ia akan menyempatkan ngobrol dengan para santri.

Sejumlah santri yang mengikutinya ke areal makam dipanggil. “Mas, sini Mas. Ini nanti ajak santri lain untuk membersihkan, jangan sampai berlumut. Digosok seperti ini lho,” ujar Ganjar sambil mempraktikkan cara membersihkan lumut di sekitar keran air.

Ganjar juga mengingatkan para santri untuk disiplin protokol kesehatan. Seperti pemakaian masker setiap saat sebagai langkah pencegahan agar tidak tertular Covid-19.

“Ayo, mana maskernya. Maskernya dipakai dengan benar. Semuanya sudah divaksin juga kan,” kata Ganjar kepada para santri.

Cukup lama Ganjar ngobrol dengan para santri. Selain soal kesehatan, pembicaraan juga menyinggung soal keseharian santri hingga wawasan kebangsaan.

“Semoga ajaran Simbah Kyai Hisyam bisa terus kita lestarikan dan kembangkan untuk mendidik mental para santri mencintai republik ini,” tutur Ganjar.

Sepulang dari Purbalingga, Ganjar langsung menuju kantor bupati Kendal, tempat acara HPN 2022 tingkat provinsi Jawa Tengah. (aris)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini