Rumah Sakit Jiwa Solo Terbakar, Dua Pasien Meninggal, Terdata dari Blora dan Karanganyar

Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) dr Arif Zainuddin, Jumat (5/8/2022) fajar. ( foto isntagram damkar solo)

SIGIJATENG.ID – Peristiwa tragis terjadi Solo, yakni terbakarnya Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) dr Arif Zainuddin, Jumat (5/8/2022) fajar.

Dalam peristiwa ini dilaporkan menyebabkan pasien di rumah sakit jiwa daerah ini meninggal dunia. Terdata dua pasien meninggal dunia, dan tiga pasien lain alami luka bakar.

Tak ayal, kasus ini langsung menjadi perhatian warga.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Solo, Sutarjo mengatakan, kebakaran terjadi pada Jumat fajar. Dirinya menerima laporan sekitar pukul 04.55 WIB.

“Kami menerima laporan tersebut sekitar pukul 04.55 WIB. Lalu kami menerjunkan empat armada ke lokasi untuk memadamkan api. Api padam dalam waktu 30 menit,” ungkap Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Solo, Sutarjo.

Begitu api berhasil dipadamkan, petugas menerima laporan dua pasien meninggal dunia. Namun untuk urusan korban meninggal dunia, pihaknya tidak ikut menanangi “Bukan kewenangan kami untuk melakukan evakuasi,” katanya.

Sementara itu melalui keterangan tertulisnya, Kabag Umum RSJD Solo Joko Mulyono menjelaskan, kebakaran terjadi di Ruang Puntadewa pada pukul 03.43 WIB. Namun dia belum bisa menyampaikan penyebab kebakaran tersebut.

“Petugas jaga mengetahui ketika api sudah membesar di ruang isolasi psikiatri.

“Penyebab kebakaran belum diketahui dan masih dalam tahap penyelidikan,” jelas Joko Mulyono.

Dikatakan, saat kejadian di Ruang Puntadewa sisi timur terdapat 7 pasien yang di-restrain (dilakukan pengikatan) karena berada dalam kondisi gaduh gelisah. Adapun di ruang isolasi psikiatri terdapat 2 pasien.

Adapun pasien meninggal atas nama YA (30) pasien dari Dinsos Karanganyar dan inisial YR (33) pasien dari Blora.

“Dua 2 pasien lainnya mengalami luka bakar berat, dengan inisial AH (44) dan IB (25). Sebanyak 1 orang pasien mengalami luka bakar ringan atas nama l./L (44),” urai Joko.

Manajemen RSJD Solo, tegas Joko, bertanggung jawab atas musibah tersebut

“Kami turut berbelasungkawa atas kejadian kebakaran yang terjadi. Semoga keluarga korban yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan korban luka yang sedang dirawat segera diberikan kesembuhan,” kata Joko.  (riya)

Berita Terbaru:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here