Ribuan Warga Unjuk Rasa Memprotes Alih Fungsi Hutan Lindung Gunung Nagasari

Ribuan warga Warga Gunung Nagasari melakukan unjuk rasa di lapangan Balai Desa Karangtengah, Banjarnegara memprotes alih fungsi lahan hutan lindung Gunung Nagasari, Rabu (28/9/2022). (Foto dok sigijateng )

BANJARNEGARA (Sigi Jateng) – Ribuan masyarakat yang tergabung dalam Lingkar Warga Gunung Nagasari melakukan unjuk rasa di lapangan Balai Desa Karangtengah, Banjarnegara. Lingkar warga Gunung Nagasari ini terdiri dari warga Desa Karangtengah, Bakal, Condong, Gempol, dan Pakisan.

Aksi yang terjadi pada Rabu (28/9/2022) karena terdapat alih fungsi lahan hutan lindung Gunung Nagasari yang dilakukan oleh sejumlah masyarakat Desa Karangtengah dan Desa Bakal yang mengatasnamakan kelompok tani hutan.

Tujuan dari diadakannya aksi ini adalah sebagai upaya tetap melindungi kelestarian hutan lindung di dieng, khususnya gunung nagasari yang menjadi sumber kehidupan bagi warga di 5 desa tersebut.

Menurut Rizal, seorang perwakilan massa aksi, sebelumnya pada tanggal 6 September telah terjadi pertemuan antara warga Desa Bakal, Karangtengah, Condong, Gempol, dan Pakisan bersama dengan Polisi Hutan, Polsek Batur, Forkompica Batur, Koramil Batur, beserta perangkat desa terkait. Pertemuan ini menghasilkan kesepakatan untuk komitmen menjaga kelestarian Gunung Nagasari.

Selain itu, warga di lima desa juga membuat maklumat masyarakat Lestari Kaki Gunung Nagasari.

“Maklumat ini berisi penolakan segala bentuk aktivitas dan tindakan yang berdampak kepada kerusakan lingkungan, keterancaman kelestarian mata air, kelestarian ekosistem, dan ruang hidup masyarakat,” jelas Rizal melalui pesan tertulis.

Dalam aksi ini, tegas Rizal, warga menuntut pemerintah terkait di antaranya Perhutani, Polsek, Koramil, dan perangkat desa untuk menindak tegas pelaku perusakan hutan lindung.

“Perusakan yang dilakukan adalah bagian dari pengkhianatan terhadap maklumat yang telah dibuat,” tutup Rizal. (Mushonifin)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini