PWI Jateng Peringati Hari Kartini; Perempuan Harus Aktif dan Berdaya Ekonomi di Masa Pandemi

Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS dan Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu menyerahkan nasi kotak dalam acara baksos dan Sarasehan Hari Kartini PWI Jateng, Kamis (21/4/2022). ( foto dok pwi jateng )

SEMARANG (Sigijateng.id) – PWI Provinsi Jateng turut melakukan Peringatan Hari Kartini tahun 2022, pada Kamis 21 April 2022. Peringatan Hari Kartini tahun ini, PWI Jateng menggelar acara sarasehan yang disambung dengan bakti sosial membagi nasi kotak kepada masyarakat umum menjelang waktu buka puasa di depan Gedung Pers, sekretariat PWI Jateng Jalan Tri Lomba Juang Semarang.

Saresahan Hari Kartini PWI Jateng mendatangkan pembicara Ketua TP PKK Jateng Atikoh Ganjar Pranowo yang diwakili oleh Anggota Pokja I Tim Penggerak PKK Jawa Tengah Isti Ilma Patriani dan Wakil Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu atau akrab yang disapa Mbak Ita.

Selain memberikan materi dalam sarasehan bertajuk ‘Perempuan Bangkit di Masa Pandemi’ itu, mereka berdua bersama pengurus PWI, IKWI dan para wartawan dengan antusias dan gembira turut serta membagi nasi kotak kepada masyarakat. Sebanyak 750 nasi kotak dibagi kepada masyarakat dalam waktu singkat.

Pada akhir sarasehan,  Ketua PWI Jaten Amir menyerahkan buku antologi puisi terbarunya berjudul ‘Melihatmu Menyiram Bunga-Bunga’.

Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS menyerahkan buku antologi puisi kepada Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu dalam acara Sarasehan dan Baksos Hari Kartini PWI Jateng, Kamis (21/4/2022). ( foto dok pwi jateng )

Anggota Pokja I Tim Penggerak PKK Jawa Tengah Isti Ilma Patriani yang mewakili Ketua TP PKK Jateng Atikoh Ganjar Pranowo mengatakan, perempuan di masa kini harus selalu menyalakan spirit RA Kartini yaitu perempuan tangguh dan aktif, diantaranya menjadi berdaya ekonomi  dan pengatur keuangan keluarga. Kestabilan ekonomi keluarga, apalagi adanya tantangan pandemi Covid-19, sangat berpengaruh pada keharmonisan antara orangtua  dan anak.

”Pandemi bukan hanya menciptakan kesadaran pada pentingya protokol kesehatan dan kemampuan berteknologi IT, tapi memberikan dampak negatif, salah satunya kehilangan pekerjaan dan kondisi mental perempuan,” tandas Isti.

Dalam kesempatan tersebut, Isti yang juga Kasi Perlindungan Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Jateng tersebut memaparkan bagaimana impitan ekonomi akibat pandemi menggerus mental jernih seseorang.

Psikolog tersebut lalu menggambarkan peristiwa tragis di Brebes dimana seorang ibu tega menggorok tiga anaknya. Setelah ditelusuri penyebabnya, si ibu sudah tak sanggup lagi mengurusi anak-anaknya akibat tekanan ekonomi, dan ingin anaknya terbebas dari segala penderitaan hidup.

Lalu di Kudus, ada seorang suami  begitu sadis membakar istri dan anaknya hingga meninggal. Ujung-ujungnya juga karena persoalan ekonomi, dan menimpa perempuan.

”Ini adalah potret betapa pandemi memberikan dampak luar biasa terhadap kesehatan mental seorang perempuan dan anggota keluarga,” harapnya.

Kuncinya, kata dia, perempuan itu harus dibahagiakan di rumah. Pasalnya peran dan kontribusi perempuan lebih banyak di rumah sehingga mereka harus bahagia. Selain itu perempuan harus menjadi  pengelola keuangan yang hebat. ”Kita harus menghidupkan spirit Kartini  bahwa  peran perempuan selalu ditunggu-tunggu, dan dituntut meningkatkan kualitas keluarga kita,” katanya.

Bukan Kanca Wingking

Sementara, Mbak Ita menyampaikan bahwa di era Kartini, pihaknya akan mendukung perempuan agar bisa mengikuti zamannya. Dia tak ingin  perempuan menjadi kanca wingking yaitu teman untuk urusan dapur, sumur dan kasur.

”Saatnya perempuan harus bisa mengimbangi lak-laki. Sepakat  perempuan harus mampu mengelola keuangan. Kalau perlu gunakan prinsip ‘Uangmu Uangku, Uangku Uangku,” candanya  sambil disambut tawa peserta sarasehan.

Dia bercerita bahwa pihaknya menginisiasi urban farming, yaitu gerakan menanam tanaman pertanian di perkotaan. Mbak Ita juga ingin perempuan berdaya ekonomi melalui kegiatan yang menunjang perekonomian keluarga.

”Di tengah masa pandemi, kami Pemkot, dan Pemprov mendorong terciptanya kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan pemberdayaan perempuan. Kami ingin perempuan bisa berdaya, perempuan yang tangguh mendampingi suami. Dengan begitu  Indonesia Maju, dan Semarang makin hebat,” katanya.

Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS mengatakan, bahwa kegiatan sarasehan dalam rangka memperingati Hari Kartini ini bersifat spontanitas namun diluar dugaan mendapatkan apresiasi tinggi dari Pemprov  Jateng dan Pemkot Semarang.

”Ke depan kami akan mengoptimalkan keterlibatan IKWI dalam kegiatan PWI untuk program pemberdayaan perempuan dan kesejahteraan,” tambahnya.

Sedangkan Ketua Panitia Sarasehan dan Bakti Sosial, Sosiawan menyampaikan, kegiatan ini merupakan bukti bahwa PWI Jateng respek terhadap upaya memuliakan perempuan dan  berkomitmen terus menggelar kegiatan yang bersifat kesetiakawanan dan solidaritas sosial.

Sosiawan menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya atas dukungan kegiatan baksos PWI berupa donasi berupa 750 nasi kotak yang disumbangkan oleh Ketua TP PKK Jateng Atikoh Ganjar Pranowo, anggota DPRD Jateng Alwin Basri, Soetjipto, RSI Sultan Agung, PLN UID Jateng/DIY, keluarga Sudiyono serta pengurus PWI Jateng dan anggota yang juga berkontribusi. (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini