PWI Jateng Gelar UKW, Diikuti 23 Wartawan

AMr Machmud, Ketua PWI Jateng. (foto dok pwi jateng)

SEMARANG  (Sigijateng) – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Tengah kembali menggelara Uji Kompetensi Wartawan (UKW) selama dua hari, Rabu – Kamis (24 – 25/8/2022) .

Kali ini tercatat menjadi UKW angkatan ke-35 dikuti oleh 23 peserta, terdiri atas 18 kategori wartawan Muda, dan 5 wartawan Madya, di gelar di Hotel Khas Semarang.

Akan bertindak sebagai penguji yaitu Hendro Basuki (PWI Pusat) Hudono (PWI DIY), Amir Machmud NS (PWI Jateng), dan Widiyartono Radyan (PWI Jateng).

UKW Angkatan Ke-35, PWI Jateng mendapat dukungan sejumlah mitra kerja, yaitu SKK Migas Jabanusa & KKKS IOG 4.0, Pertamina, Exxon Mobil dan PGN SAKA.

Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS mengatakan UKW menjadi sarana memperoleh sumber daya wartawan yang bisa dibanggakan, insan pers yang baik serta profesional. Saat profesionalisme menjadi tuntutan, kata dia, segala bentuk upaya peningkatan kompetensi wartawan harus masif dilakukan.

“Kepada peserta untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya agar menjadi wartawan yang kompeten. Kualitas atau  kompetensi adalah kunci peningkatan daya tawar bagi wartawan kepada mitra kerja di era Keterbukaan Informasi,” kata Amir, Selasa (23/8/2022)

Dikatakan Amir, menjadi wartawan tidak cukup berbekal kecakapan teknis, tapi juga mengedepankan hati nurani. Maka UKW juga mendorong wartawan memiliki tanggung jawab sosial atas karya jurnalistiknya sebagaimana kaidah Kode Etik Jurnalistik (KEJ), serta taat pada UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers.

“Saya menucapkan terima kasih dan apresiasi kepada mitra kerja PWI Jateng yang mendukung kegiatan UKW. Ini adalah sebagai bentuk respek luar biasa bagi upaya-upaya  peningkatan kapasitas dan kapabilitas wartawan,” kata Amir.

Sementara itu, Indra Zulkarnain, Kepala Departemen Humas SKK Migas Perwakilan Jabanusa menyatakan apresiasinya terhadap program UKW yang merupakan bentuk sinergi kegiatan industri hulu migas bersama dengan  media, dalam rangka menjalin komunikasi serta koordinasi dengan para jurnalis yang selama ini telah terbentuk dengan sangat baik.

Disebutkannya, SKK Migas dan KKKS sudah rutin bekerja sama dengan PWI di wilayah Jabanusa, berupa kegiatan UKW sejak 2016.

”Kami akan terus mendukung UKW guna meningkatkan kualitas, kapasitas, dan profesionalisme wartawan. Harapan kami, UKW bisa menghasilkan output yang diinginkan serta menunjukkan hasil yang baik dan bermanfaat bagi rekan wartawan,” kata Indra.

Stakeholder Relations Manager – PGN SAKA, Erry P Affandi, mengatakan, UKW merupakan bentuk komitmen SAKA dalam mendukung program bersama SKK Migas untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas wartawan, yang merupakan stakeholder dalam mendukung bisnis perusahaan. ”Ini bentuk dukungan PGN SAKA kepada media agar mempunyai kesetaraan  kemampuan, pengetahuan, dan kompetensi yang baik sebagai wartawan,” tandasnya. (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini