Puncak Arus Balik 6-8 Mei, Polisi Siapkan Kembali Rekayasa Lalu Lintas One Way dan Contra Flow

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto: humas jasa marga)

Jakarta (Sigijateng.id) – Presiden Jokowi menyatakan, puncak arus balik Lebaran akan terjadi pada 6-8 Mei 2022 mendatang. Oleh karena itu, masyarakat harus mengindari balik pada 6-8 Mei 2022.

Selain memberlakukan kebijakan ganjil genap dan aturan satu arah (one way), ada juga larangan truk masuk jalan tol akan tetap diberlakukan untuk menciptakan kenyamanan.

“Saya ingin mengingatkan bahwa pemerintah memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada tanggal 6, 7, dan 8 Mei 2022,” kata Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers secara daring dari Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta, pada Selasa (3/5/2022).

Masyarakat disarankan untuk kembali lebih awal atau setelah puncak arus balik, sebab diprediksi puncak arus balik akan mencapai puncaknya pada 6-8 Mei 2022.

 “Setelah kita merayakan hari raya Idulfitri di kampung halaman, tentu kita akan kembali ke tempat masing-masing untuk bekerja, maupun beraktivitas lainnya,” jelas Kepala Negara.

Para pemudik saat melintasi jalan tol Batang-Semarang terpantau ramai dan lancar, Sabtu (30/4/2022) siang.

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadimenambahkan, selain imbauan menghindari perjalanan puncak arus balik, sejumlah imbauan lain kepada masyarakat agar perjalanan arus balik bisa lebih lancar yakni dengan tidak memaksakan diri menggunakan rest area di jalan tol jika sudah penuh.

Selain itu, jangan berhenti di bahu jalan, karena selain membahayakan keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya, juga dapat menyebabkan kemacetan.

“Jika lelah, masyarakat bisa keluar tol di kota terdekat, dan bisa istirahat di tempat-tempat yang telah disiapkan. Di sini lebih aman dan leluasa,” ujar Menhub.

Menhub menjelaskan, sejumlah rest area di jalan arteri telah disiapkan baik oleh pemda, kepolisian, maupun unsur terkait lainnya. “Mulai dari kantor kecamatan, kelurahan, kantor polisi, dan tempat-tempat lainnya sudah disiapkan sebagai tempat istirahat sementara,” jelas Menhub.

Dalam menghadapi puncak arus balik, pihak kepolisian juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengurangi potensi kepadatan. Yakni, one way dan contra flow.

Adapun pelaksanaan skema itu saat arus balik, yakni sebagai berikut :

– Jumat 6 Mei 2022

Mulai pukul 14.00 WIB sampai 24.00 WIB dari Gerbang Tol Kalikangkung Km 414 sampai KM 47 Tol Cikampek, diteruskan contra flow sampai dengan KM 28.500.

– Sabtu 7 Mei 2022

Mulai pukul 07.00 WIB sampai 24.00 WIB dari Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 sampai KM 3.500 Gerbang Tol Halim.

– Minggu 8 Mei 2022

Mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan hari Senin, 9 Mei 2022 pukul 03.00 WIB dari Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 sampai KM 3.500 Gerbang Tol Halim. (Dye)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini