Proyek Pembangunan Gedung Islamic Center Tahap II, Pemkab Batang Siapkan Anggaran Rp 13,67 M

Pembangunan gedung Islamic Center tahap 1 yang menempati lahan eks terminal truk di Petamanan, Kecamatan Banyuputih Batang. (Foto : Dok.sigijateng)

Batang (Sigi Jateng) – Proyek pembangunan Isamic Center tahap I tidak selesai sesuai perjanjian kontrak. Meski demikian, Pemerintah Kabupaten Batang tetap menyiapkan anggaran senilai Rp13,67 miliar untuk pembangunan tahap II Islamic Center di tahun 2022 ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, DPUPR Kabupaten Batang, Nursito membenarkan jika pembangunan Gedung Islamic Center tahap 1 memang belum selesai. Bahkan, dengan adanya keterlambatan itu, pihak kontraktor diberikan perpanjangan waktu.

Pemkab Batang memberikan tambahan waktu 50 hari kepada kontraktor untuk menyelesaikan pembangunan gedung Islamic Center yang menempati lahan eks kantong parkir truk di wilayah Petamanan, Kecamatan Banyuputih tersebut.

“Dengan adanya keterlambatan itu, Pemkab memberikan tambahan perpanjangan waktu selama 50 hari kedepan. Tiap hari, pelaksana proyek didenda seperseribu dari nilai kontrak atau senilai Rp11,9 juta perhari,” katanya.

Pihaknya juga memperkirakan proyek pembangunan gedung Isamic Center tahap I tersebut akan selesai sekitar tanggal 20-25 Januari 2022 mendatang. “Untuk pembangunan, mereka sudah lembur dengan jumlah personel sudah 80 orang. Kini pembangunanya sudah mencapai 85%,” ungkapnya.

Nursito menyebut, struktur inti bangunan sudah selesai dan sisa 15% berkaitan dengan finisihing, semisal pemasangan keramik hingga plafon.

Selain itu, Pemkab Batang juga sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 13,67 miliar untuk pembangunan Islamic Center tahap II  di tahun 2022 ini. “Saat ini sedang persiapan lelang manajemen konsultan (MK). Setelah lelang fisik, maka pembangunan fisik tahap II diperkirakan bisa dimulai pada Juni 2022,” imbuhnya.

Diperoleh informasi, untuk pembangunan proyek gedung Islamic Center tahap II tersebut meliputi bangunan utama (kelengkapan fasilitas), masjid, aula, penginapan atau asrama dan lainnya. (dye)

Baca Berita Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini