Profil Yunita Dyah Suminar, Alumnus Undip Jadi Pj Bupati Cilacap Adalah Putra Daerah

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat melantik Yunita Dyah Suminar sebagai Penjabat (Pj) Bupati Cilacap, sabtu (19/11/2022). ( foto pemprov jateng)

SIGIJATENG.ID – Masa kerja Bupati Tatto Suwarto Pamuji sebagai Bupati Cilacap sudah berakhir bulan November 2022. Karena Pilkada Cialacap baru akan digelar tahun 2024, maka ditunjuk Penjabat.

Kemudian, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menunjuk Kepala Dinas Kesehatan Jawa tengah

Yunita Dyah Suminar, SKM, M.Sc., M.Si., sebagai Penjabat (Pj) Bupati Cilacap.

Acara pelantikan sudah dilakukan di Gedung Gradhika Bhakti Praja Jalan Pahlawan Semarang, Sabtu (19/11/2022) oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Tentu ini menjadi sebuah prestasi bagi Yunita Dyah Suminar. Dalam catatannya, baru kali ini Yunita Dyah Suminar, mendapat amanah sebagai PJ kapala daerah.

Siapa sebetulnya Yunia Dyah Suminar?

Yunia Dyah Suminar tercatat sebagai alumnus FKM (Fakultas Kesehatan Masyarakat) Universitas Diponegoro.

Sebelum dilantik sebagai Penjabat Bupati Cilacap Sabtu kemarin, Yunita Dyah Suminar, SKM, M.Sc., M.Si., dilantik sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah pada 11 Februari 2022. 

Pelantikan Yunia Dyah Suminar sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah pada 11 Februari 2022 langsung disambut dengan memberikan ucapan selamat dari IKA Undip.

Perempuan yang akrab disapa Mbak Ninit ini tercatat sebagai alumnus FKM 1988.

Dikutip dari dinkesjatengprov.go.id, Yunita Dyah Suminar lahir di Cilacap, 31 Mei 1970. Ia merupakan ASN Pemrov Jateng, sejak 1994 silam dan sebagian besar karier dia habiskan di RSUD DR. Margono Soekarjo Purwokerto.

Yunita mengawali karier di RSUD DR. Margono Soekarjo Purwokerto, sebagai staf di tahun 1994, lalu menjabat sebagai Kabid Perencanaan RSUD DR. Margono Soekarjo Purwokerto pada 2007.

Kemudian, dia mendapat promosi jabatan sebagai Wakil Direktur Umum dan Keuangan di tempat yang sama pada 2015.

BACA JUGA : Masa Kerja Tatto SP Berakhir, Ganjar Lantik Yunita Dyah Suminar sebagai Penjabat (Pj) Bupati Cilacap

Kemudian, wanita berusia 52 tahun ini, kemudian mendapatkan amanah dari Gubernur Ganjar Pranowo untuk menjadi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng sejak 11 Februari 2022 lalu.

Yunita diketahui mengenyam pendidikan di SD N Sidakaya 5 Cilacap dan lulus tahun 1982. Lalu meneruskan di SMP N 1 Cilacap dan lulus pada 1985, kemudian SMA N 1 Cilacap lulus tahun 1988. Kemudian masuk S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat dari Undip Semarang, dan selsai 1993.

Lantas memperoleh gelar S2 dari The University Master Of Science pada 2001 di Bibmingham, serta gelar S2 dari Universitas Gajah Mada pada Magister Administrasi Publik  di 2003.

Bagi Yunita, jabatan itu sebagai amanah yang harus diupayakan dengan baik untuk kemajuan masyarakat.

“Jabatan adalah amanah, maka saya harus berorientasi memberikan yang terbaik untuk kemajuan Jawa Tengah. Dan untuk hasilnya, setelah berusaha harus diserahkan pada Allah,” terang Yunita, dilansir dari ikaundip.org.

Menyinggung perjalanan kariernya, Yunita mengatakan,  semua adalah bagian dari proses, sehingga tidak ada yang namanya instan. Sebagai penjabat bupati Cilacap dan menjadi Kepala Dinas Kesehatan, Yunita memiliki misi untuk melanjutkan visi dan misi yang telah ditetapkan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

“Visi kami Dinas Kesehatan sama dengan Bapak Ganjar yaitu membawa Jawa Tengah sejahtera dan berdikari,” tutur Mantan Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto ini.

Sebagai alumnus, Yunita berpesan kepada mahasiswa Undip agar memiliki branding kemampuan, melek teknologi, dapat berkolaborasi, berkomunikasi dan visioner serta mandiri.

“Sebagai mahasiswa kalian harus memiliki branding, artinya kalian harus mampu mengikuti perkembangan zaman yang ada. Caranya bagaimana? Manfaatkan masa kuliah kalian. Lakukan hal-hal positif, ikuti lomba yang ada, lakukan hobi kalian, dan tentunya selalu fokus pada cita-cita kalian serta menyertakan doa,” pesan Yunita. (aris)

Berita Terbaru:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini