Profil Jerry Lawson, Pelopor Video Game yang Jadi Google Doodle Hari ini

Profil Jerry Lawson, Pelopor Video Game yang Jadi Google Doodle Hari ini (foto : tangkapan layar Google)

SIGIJATENG.ID – Ada yang menarik pada tampilan Google hari ini, Kamis (1/12/22). Google menampilkan sosok Jerry Lawson yang sedang bermain video game. Ketika gambar itu diklik, maka akan muncul game yang bisa dimainkan.

Dalam video game itu, dijelaskan juga mengenai profil singkat dari Jerry Lawson.

Game yang ditampilkan hari ini untuk mengingatkan orang-orang pada awal mula game diluncurkan yaitu pada tahun 1970-an, selain itu ada sedikit penjelasan terkait sejarah awal dan perjalanan Lawson dalam mengembangkan game pertamanya itu.

Lantas, siapa sebenarnya Jerry Lawson ini? Yuk simak ulasan berikut ini!

Profil Singkat Jerry Lawson

Jerry Lawson merupakan sosok yang memelopori video game dan salah satu dari sedikit insinyur kulit hitam yang bekerja di industri teknologi pada 1970-an.

Pria dengan nama asli Gerald Anderson Lawson ini lahir di Brooklyn, New York pada 1 Desember tahun 1940.

Sejak kecil, Lawson telah gemar mengutak-atik elektronik dengan memperbaiki televisi di sekitar lingkungan tempat ia tinggal, bahkan ia sudah bisa membuat stasiun radionya sendiri dengan menggunakan komponen daur ulang.

Kota tempat ia tinggal dijuluki sebagai “Lembah Silikon” karena banyaknya perusahaan teknologi baru yang inovatif didirikan di lingkungan tersebut.

Ayah Lawson merupakan buruh pelabuhan dan ibunya bekerja untuk New York City.

Pendidikan dan Perjalanan Karir Jerry Lawson

Jerry Lawson berkuliah di Queens College dan City College of New York sebelum memulai kariernya di Palo Alto, California.

Setibanya Lawson di California, pada pertengahan 1970-an, Lawson membantu menciptakan Fairchild Channel F, mesin hiburan rumahan yang diproduksi pada 1976 oleh Fairchild Semiconductor.

Setelah beberapa tahun berjalan, Lawson dipromosikan untuk menjadi Direktur Teknik dan Pemasaran departemen video game Fairchild.

Lawson memimpin pengembangan sistem Fairchild Channel F yang merupakan konsol sistem video game rumahan pertama yang menampilkan kartrid game yang dapat dipertukarkan, joystick digital 8 arah, dan menu jeda. Channel F adalah jalan pembuka bagi sistem game masa depan seperti Atari, SNES, Dreamcast, dan lainnya.

Kemudian, Lawson meninggalkan Fairchild pada tahun 1980 dan mendirikan Videosoft, yang membuat perangkat lunak game untuk Atari 2600 dan pengembang lainnya.

Atari 2006 adalah hasil perangkat pertama yang diciptakan perusahaan Lawson tersebut.

Perusahaan itu hanya bertahan beberapa tahun, tetapi Lawson menghabiskan sisa kariernya sebagai konsultan untuk perusahaan game dan teknologi.

Penghargaan Jerry Lawson

Tahun 2011, International Game Developers Association mengakui jasa Lawson sebagai perintis industri atas kontribusinya yang besar dalam pengembangan dunia game.

Selain itu, Lawson juga diabadikan di World Video Game Hall of Fame di Rochester, New York atas kontribusinya yang besar menciptakan Gerald A. Lawson Fund untuk mendukung mahasiswa yang menginginkan gelar sarjana atau pascasarjana dalam desain game atau ilmu komputer di University of Southern California.

Ide pembuatan Google doodle hari ini

Google Doodle hari ini dibuat berkat kerjasama antara Google dengan anak-anaknya yang bernama Anderson dan Karen Lawson.

Mereka menginginkan warisan ayahnya tersebut dikenang oleh orang-orang.

“Ayah, kamu adalah penyedia, motivator, guru, penemu, mentor, dan teman kami. Kami sangat bangga padamu dan merindukanmu. Planet ini mengetahui kisahmu dan kamu tidak akan pernah terlupakan! Selamat Ulang Tahun, Pop! Kami mencintai kamu!”

Sementara itu, Jerry Lawson telah meninggal dunia pada tanggal 9 April 2011 silam di Santa Clara, California, Amerika Serikat. (dimas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here