Profil Band Neck Deep, Band Pop-punk yang Tampil di Festival Musik Soundrenaline 2022

Neck Deep saat tampil di Soundrenaline 2022 (foto Twitter NeckDeepUK)

SIGIJATENG.ID – Dengan semangat “Comeback Live & Louder”, Soundrenaline 2022 kembali menghadirkan pengalaman event terbesar dalam sejarah festival musik Indonesia. Festival musik favorit yang kini merayakan usia 18 tahunnya menghadirkan 18 musisi internasional dan puluhan musisi lokal.

Festival music ini diselenggarakan dua hari berturut-turut pada 26-27 November 2022 di Allianz Ecopark Ancol Jakarta. Salah satu musisi internasional yang mengisi acara ini adalah grup band Neck Deep. Bagi anda yang tumbuh dewasa pada tahun 2010-an pasti tidak asing dengan grup band pop punk asal Inggris ini.

Bagi yang belum tahu siapa itu Neck Deep, simak artikel ini.

Pop Punk dalah jenis musik yang menggabungkan tekstur dan tempo cepat punk rock dengan melodi dan progresi akord power pop. Genre ini poppuler di era-90 an akhir sampai dengan 2000-an awal dan sempat menjadi  musik yang menjadi langganan untuk tampil di televisi dan radio. Beberapa band yang popular di genre ini antara lain Blink 182, All Time Low, The Wonder Years, The Story So Far dan tentunya Neck Deep.

Neck Deep adalah band asal Wales yang terbentuk di tahun 2012 dari Kota Wrexham, sebuah pusat industri dan pasar. Dengan membawakan musik pop punk dengan warna yang lebih berat dan tetap memiliki tema patah hati yang sering dialami remaja. Neck Deep keluar bak bala bantuan tambahan dalam upaya pertarungan mempertahankan eksistensi genre musik pop-punk di dunia.

Perjalanan bermusik Neck Deep bermula saat Ben Barlow, vokalis neck deep bertemu dengan mantan gitaris utama Lloyd Roberts yang kemudian bersepakat membuat sebuah band beraliran pop-punk dengan sebuah rilisan debut single yang menjadi pintu dan langkah awal mereka berkarir di kancah musik pop punk.

Nama Neck Deep melambung tinggi dalam waktu yang tergolong singkat dengan  mengudaranya sebuah musik video di YouTube yaitu single perdana mereka yang berjudul “What Did You Expect” yang spontan berhasil membuat mereka dikenal cukup luas, momen ini pula-lah yang menjadi awal dari kiprah Neck Deep di dunia musik.

Setelah cukup berhasil melambungnya nama mereka  pasca rilis single pertama, lantas formasi Neck Deep sebagai band mulai terbentuk yaitu dengan bergabungnya Matt West sebagai gitaris irama, Dani Washington sebagai drummer, dan mantan bassis Fil Thrope-Evans yang melengkapi formasi awal Neck Deep sebagai band.

Perjalanan karir musik Neck Deep kemudian mendapatkan banyak perkembangan serta ada sedikit pergeserah perfensi kisah dan warna yang ada di album teranyar mereka “All Distorsion Are Intentional” yang rilis ditengah situasi pandemi pada pertengan tahun 2020 yang menjadi soundtrack yang menemani para pecinta musik pop-punk dalam menjalani hari di tengah situasi pandemi.

Dengan dedikasi yang tinggi yang dicurahkan pada setiap fase perjalanan karir Neck Deep di dunia permusikan, band ini juga mendapatkan beberapa penghargaan atas jerih payah mereka dalam mengembangkan band ini.

Beberapa penghargaan yang pernah diraih antara lain Best British Newcomer dari Kerrang! Awards pada 2014, lalu Best Live Band pada 2016  dari APMAs (Alternative Press Music Awards) dan Best British Band dari Rock Sound Awards pada 2017 serta tidak ketinggalan juga Neck Deep berhasil mendapat penghargaan untuk Best Single untuk lagu yang berjudul “In Bloom” pada 2018 dari Kerrang Awards. (akhida)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini